ADVERTISEMENT

Perempuan Mantan Anggota Parlemen Afghanistan Tewas Dibunuh Kelompok Bersenjata

Rabu, 18 Januari 2023 15:00 WIB

Share
Mursal Nabizada
Mursal Nabizada

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

AFGHANISTAN, POSKOTA.CO.ID - Seorang perempuan mantan anggota parlemen Afghanistan ditembak mati sejumlah penyerang tak dikenal.

Mursal Nabizada, 32 tahun, tewas bersama pengawalnya di rumahnya di ibu kota, Kabul.

Dia terpilih sebagai anggota parlemen nasional sebelum Taliban merebut kekuasaan dari pemerintah Afghanistan yang didukung internasional pada Agustus 2021 ketika semua pasukan NATO yang dipimpin AS keluar dari negara itu.

Juru Bicara Kepolisian Kabul Khalid Zadran mengatakan seorang saudara laki-laki dari anggota parlemen yang terbunuh itu juga terluka dalam serangan yang terjadi pada Minggu (15/1) dini hari tersebut.

Dikutip dari VOA, Khalid Zadran mengatakan penyelidikan "serius" atas insiden tersebut sedang dilakukan untuk menangkap dan membawa para pelakunya ke pengadilan.

Kerabat Mursal Nabizada meminta pemerintah Taliban untuk menangkap para pelaku dan mengatakan dia tidak memiliki musuh.

"Saya mendengar suara tembakan dan ketika kami turun, para penyerang sudah kabur dan anak perempuan saya tergeletak di tanah dengan bersimbah darah di tempat tidur bersama anak laki-laki saya. Pengawal pribadinya juga terbunuh," kata saluran TV lokal TOLO yang mengutip pernyataan ibu Mursal Nabizada.

Pembunuhan Mursal Nabizada menandai pertama kalinya seorang politisi dari pemerintah yang digulingkan dibunuh sejak pengambilalihan Taliban pada Agustus 2021.

Dia termasuk di antara sedikit politisi perempuan dan aktivis masyarakat yang memutuskan untuk tidak melarikan diri dari Afghanistan setelah kelompok garis keras itu kembali menguasai negara tersebut.

Tidak ada kelompok yang segera mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan Mursal Nabizada. ***

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT