ADVERTISEMENT

Intelektual Prediksi AS Akan Kehilangan Dominasi Ekonominya

Minggu, 15 Januari 2023 10:00 WIB

Share
Amerika Serikat (Ilustrasi)
Amerika Serikat (Ilustrasi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PRANCIS, POSKOTA.CO.ID - Amerika Serikat diprediksi akan kehilangan dominasi ekonominya atas dunia.

Hal ini terkait keterlibatan negara tersebut dalam konflik Ukraina.

Pernyataan ini datang dari intelektual Prancis Emmanuel Todd.

"Amerika berada dalam fase penurunan jangka panjang dalam sejarahnya,” ucapnya dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Le Figaro pada Jumat (13/1/2023).

Dia melanjutkan,”Untuk menghadapi penurunan pengaruh globalnya dan kembali ke era zaman keemasan sejak Perang Dunia II, Amerika berusaha untuk mendapatkan kembali pengaruhnya yang hilang atas dunia.”

"Amerika pasti telah memutuskan untuk mengulangi pengalaman yang sama, sebuah pengalaman di mana negara tersebut berpartisipasi dalam perang, dan pihak lain secara ekstensif memasuki medan tempur!" tambahnya.

Dia menilai konflik Ukraina adalah masalah vital bagi Amerika Serikat jika ekonomi sekutu Eropanya habis.

Meskipun Amerika Serikat berisiko kehilangan kendali atas urusan ekonomi global tetapi campur tangan dalam konflik Ukraina tidak dapat dihindari.

Jika ekonomi Rusia mampu mengatasi sanksi jangka panjang dengan dukungan Tiongkok dan sebaliknya melumpuhkan perekonomian Eropa maka cengkeraman ekonomi Amerika Serikat di dunia akan hilang.

"Dengan itu kemampuan Amerika untuk membiayai perdagangan dirinya sendiri akan hilang dan akan menghadapi defisit perdagangan yang sangat besar," pungkas akademisi Prancis tersebut. ***

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT