ADVERTISEMENT

Di Rumah Joe Biden Ditemukan Dokumen Rahasia

Senin, 16 Januari 2023 08:00 WIB

Share
Joe Biden
Joe Biden

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

AS, POSKOTA.CO.ID - Dokumen rahasia kembali ditemukan di garasi rumah keluarga Joe Biden di Delaware.

Pengacara Gedung Putih Richard Sauber mengaku menemukan lima lembar dokumen rahasia tersebut ketika berkunjung ke rumah Joe Biden.

AFP pada Sabtu (14/1/2023) melaporkan lembaran tersebut merupakan dokumen rahasia dari masa Joe Biden masih menjadi Wakil Presiden dari masa pemerintahan Presiden Barack Obama.

Richard Sauber menemukan lembaran tersebut ketika sedang mengawasi pemindahan dokumen rahasia yang sehari sebelumnya juga ditemukan di kantor Joe Biden ketika masih bekerja di lembaga think tank di Washington.

Dia menemukan lima lembar dokumen yang diklasifikasikan sebagai rahasia ketika memeriksa garasi di rumah Joe Biden.

Dia merasa tak berwenang membaca isi dokumen tersebut dan langsung mengirimkan pemberitahuan ke Kementerian Kehakiman.

Berdasarkan aturan, seorang presiden dan wakil presiden AS harus menyerahkan surat elektronik, surat-surat fisik, dan dokumen resmi lainnya ke Arsip Nasional.

Ketika petugas menemukan dokumen rahasia di bekas kantor Joe Biden di Washington, Jaksa Agung Merrick Garland segera menunjuk seorang jaksa independen untuk menyelidiki kesalahan sang presiden.

Isu ini dianggap dapat menjadi gangguan bagi Joe Biden yang dilaporkan sedang bersiap untuk menentukan akan kembali mencalonkan diri sebagai presiden atau tidak di pemilu selanjutnya.

Nama Joe Biden kian tercoreng setelah sejumlah pihak menyamakan insiden ini dengan kasus ketika Donald Trump diperiksa karena temuan ratusan dokumen rahasia di rumahnya di Florida.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT