ADVERTISEMENT

Rencana Relokasi SDN Pondok Cina 1 Kisruh, Pemprov Jabar Ancam Batalkan Kucuran Dana Pembangunan Masjid

Senin, 12 Desember 2022 09:29 WIB

Share
SDN Pondok Cina 1 yang berada di Jalan Margonda Raya, segera direlokasi Pemkot Depok. (foto: ist)
SDN Pondok Cina 1 yang berada di Jalan Margonda Raya, segera direlokasi Pemkot Depok. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

DEPOK, POSKOTA.CO.ID - Rencana relokasi SDN Pondok Cina 1  masih kisruh terus membuat Pemprov Jabar (Jawa Barat) mengancam akan membatalkan kucuran dana pembangunan Masjid Margonda di lokasi SDN Pondok Cina 1.

Hal ini diutarakan oleh Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Provinsi Jawa Barat Indra Maha. Menurut Indra, Pemprov Jabar akan menunda proses bantuan pembangunan Masjid Margonda jika alih fungsi lahan untuk masjid masih berpolemik.

"Mencermati situasi dan dinamika sosial terhadap alih fungsi lahan SDN Pondok Cina 1 menjadi masjid, kemungkinan Pemprov Jabar akan menunda proses bantuan pembangunan Masjid Margonda, bahkan bantuan tersebut akan dibatalkan," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan pada Minggu (11/12/2022) malam.

Indra mengatakan, dalam hal itu Pemprov Jabar minta Pemkot Depok untuk kedepankan pendekatan dialogis dalam mendapatkan solusi terbaik soal rencana alih funsi lahan SDN Pondok Cina 1 menjadi Masjid Margonda. 

Alih fungsi lahan, lanjut Indra, jangan sampai ada menimbulkan masalah baru, terutama terhadap siswa dan kegiatan belajar mengajar.

Semua pihak harus menghindari hal-hal yang berpotensi menghadirkan benturan-benturan sosial agar kondusivitas Kota Depok terjaga. 

"Jika warga mengambil upaya hukum, hal ini perlu mendapat perhatian dari Pemda Kota Depok untuk menunda dulu alih fungsi lahan tersebut sampai keluar keputusan hukum yang tetap," ungkapnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan bahwa alih fungsi lahan SDN Pondok Cina 1 merupakan kebijakan Pemda Kota Depok. 

Adapun  Provinsi Jabar hanya mendapatkan informasi bahwa lahan untuk pembangunan masjid yang saat ini SDN Pondok Cina 1 sudah siap. 

"Selama ini pihak Pemprov dilapori pihak Pemkot Depok bahwa lahan sudah aman terkendali dan sudah akan ada rencana relokasi untuk Sekolah Dasar tersebut," tulis Ridwan Kamil di akun instagram pribadinya pada 17 November 2022 kemarin.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT