Skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha jadi Solusi Pembiayaan Pembangunan infrastruktur Nasional

Kamis, 8 Desember 2022 19:58 WIB

Share
Kerjasama bundling dalam mengelola sejumlah Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) di Jakarta menjadi pilot project.(Foto: Aldi)
Kerjasama bundling dalam mengelola sejumlah Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) di Jakarta menjadi pilot project.(Foto: Aldi)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Herry Trisaputra Zuna memastikan, skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) menjadi solusi alternatif pembiayaan dalam sejumlah proyek infrastruktur pemerintah.

Salah satunya antara Perumda PAM Jaya dan PT Moya indonesia. Kedua badan usaha ini telah melakukan kerjasama bundling dalam mengelola sejumlah Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) di Jakarta. 

Dan, kerja sama ini menjadi pilot project percepatan implementasi skema bisnis KPBU.

"Sebagai ilustrasi, bundling PAM prosesnya hanya tiga bulan. Terus kita juga di Kementerian PUPR untuk KPBU kurang lebih lelangnya sekitar empat bulan. Kalau dulu ada KPBU cukup lama. Kalau sekarang sudah cepat sehingga ini bisa menjadi tools kita mengejar percepatan," ujar Herry di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Herry menjelaskan, saat ini ada sejumlah proyek pemerintah yang ditawarkan dengan skema KPBU. Seperti jalan tol Trans Papua sepanjang 50 kilometer, SPAM Juanda, bendungan, irigasi, perumahan dan lainnya.

Sementara itu, di lokasi yang sama, Direktur Utama Perumda PAM Jaya, Arief Nasrudin mengakui bahwa skema bundling yang dijalankan PAM Jaya dengan PT Moya Indonesia menjadi pilot project implementasi skema KPBU.

"Ini memang pilot projek pertama untuk industri air ya, yang bisa memanfaatkan aset yang saat ini ada, kemudian didayagunakan untuk membiayai aset-aset baru," ujar Arief.

Menurutnya, skema bundling ini perlu juga diterapkan di daerah lain untuk mempercepat perluasan cakupan layanan air bersih kepada masyarakat. 

Skema KPBU ini, lanjut dia, menjadi salah satu sumber pendanaan untuk mempercepat proses air perpipaan di Indonesia.

"Kerja sama bundling dapat mempercepat peningkatan cakupan pelayanan SPAM DKI Jakarta dan tetap menjaga keberlanjutan operasi kepada pelanggan," tuturnya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar