ADVERTISEMENT

Gempa yang Mengguncang Sukabumi Terasa hingga Bandar Lampung

Kamis, 8 Desember 2022 10:42 WIB

Share
Gempa Berskala 5,8 Magnitudo Guncang Sukabumi.(Ist)
Gempa Berskala 5,8 Magnitudo Guncang Sukabumi.(Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Gempa bumi kembali mengguncang Jawa Barat pada hari ini, Kamis 8 Desember 2022 pukul 07.50 WIB yang berlokasi di darat dengan kedalaman 122 kilometer.

Hasil analisis Badan Meteoroligi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,8. 

"Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,09° LS; 106,95° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 122 km," tulis siaran pers BMKG yang diterima Poskota.co.id, Kamis 8 Desember 2022.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis menengah. Akibat adanya deformasi/patahan batuan dalam Lempeng Indo-Australia yang populer disebut sebagai gempa intraslab atau gempa Benioff. 

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," tulisnya lagi.

Untuk saat ini, berdasarkan data yang dihimpun BMKG, Gempa Bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Rancaekek dengan skala intensitas IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), daerah Cianjur, Lembang, Bogor, Bandung, Pangandaran, Padalarang, Pamoyanan, dan Sumedang dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah). 

Kemudian, terasa getaran seakan akan truk berlalu, daerah Cisolok, Sumur, Sukabumi, Jakarta, Garut, Bekasi, Bandar Lampung, dan Tangerang Selatan dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 

Namun, untuk hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tak berpotensi tsunami.

Adapun untuk Gempa Bumi susulan drngan kekuatan Magnitudo 3.0, BMKG mencatat terjadi pada pukil 08.15 WIB. "Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya satu aktivitas gempabumi susulan ( aftershock) dengan magnitudo M3.0 pada pukul 08.05 WIB," ujarnya.

Oleh karena itu, BMKG meminta kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Cahyono
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT