Waspada Website Palsu Pengurusan e-VoA, Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Lakukan Sosialisasi

Kamis, 8 Desember 2022 10:00 WIB

Share
Forum Grup Diskusi sosialisasi e-VoA. (Iqbal)
Forum Grup Diskusi sosialisasi e-VoA. (Iqbal)

TANGERANG,  POSKOTA.CO.ID - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno-Hatta mewaspadai bermunculannya website palsu untuk pengurusan Electronic Visa on Arrival (e-VoA).

Kepala Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Muhammad Tito Andrianto meminta agar seluruh masyarakat waspada dalam mengurus dokumen keimigrasiannya seperti visa.

“Saat ini tengah muncul website bodong untuk melakukan pengurusan e-VoA,"ujarnya dalam forum Focus Group Discussion (FGD), Kamis (8/12/2022).

Tito menegaskan, pengurusan e-VoA hanya bisa melalui website resmi dari Imigrasi Indonesia di molina.imigrasi.go.id

"Diluar itu dipastikan bahwa website tersebut adalah palsu dan termasuk motif kejahatan siber," kata Tito.

Tito mengungkapkan, dalam satu bulan terakhir ini jumlah warga negara asing (WNA) pengguna e- Voa melonjak dengan signifikan. Berdasarkan data, selama bulan November, WNA pengguna VoA mencapai 52.386 dan pengguna aplikasi e-VoA 3.713

Namun, Tito menyayangkan peningkatan  WNA pengguna e-VoA ini dimanfaatkan oleh pihak pihak tak bertanggungjawab  menggunakan website palsu.

e-VoA merupakan inovasi terkini dari Direktorat Jenderal Imigrasi dalam hal memberikan kemudahan bagi Warga Negara Asing (WNA) yang hendak masuk ke wilayah Indonesia. Aplikasi ini mulai diluncurkan pada 9 November lalu.

"Dengan e-VoA maka WNA yang tiba di Indonesia bisa langsung menuju konter pemeriksaan Imigrasi tanpa perlu antre untuk membayar visa lagi," kata Tito.

Sementara itu Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi  Soekarno-Hatta Habiburrahman mengakui, ada dua kendala dalam penyerapan pengguna e-VoA saat ini yaitu, minim sosialisasi dan merebaknya fraud/scam website e-VoA diluar molina.imigrasi.go.id.

Halaman
Reporter: Muhammad Iqbal
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar