Uang Ferdy Sambo Lebih dari Rp 100 Juta di Rekening BCA Begini Kesaksian Ricky Rizal

Senin, 5 Desember 2022 14:33 WIB

Share
Salah satu terdakwa pembunuhan berencana Brigadir J, Ricky Rizal tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. (Poskota/Ahmad Tri Hawaari)
Salah satu terdakwa pembunuhan berencana Brigadir J, Ricky Rizal tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. (Poskota/Ahmad Tri Hawaari)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Ada uang dalam rekening BNI, Ferdy Sambo ternyata juga mempunyai uang dalam rekening BCA atas nama Ricky Rizal. Jika ditotal, uang dalam rekening BCA milik Ferdy Sambo mencapai lebih dari Rp 100 juta.

Hal itu disampaikan Bripka Ricky Rizal dalam siding lanjutan kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J. Ricky bersaksi untuk terdakwa Richard Eliezer atau Bharada E Senin (5/12/2022) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Majelis hakim menyinggung soal keterangan Ferdy Sambo jika uang dalam rekening Ricky merupakan miliknya. Ricky pun membenarkan keterangan tersebut.

Ricky Rizal mengaku sempat membuka rekening BNI sejak menjadi ajudan saat Ferdy Sambo bertugas di Brebes. Kala itu, uang milik Ferdy Sambo disimpan dalam rekening atas nama Ricky tersebut. "Kemarin pada pemeriksaan saudara saksi FS tidak mengatakan bahwa uang di rekening saudara pun itu uangnya FS?" tanya hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (5/12/2022).

"Siap betul yang mulia, dulu pun di Brebes saya sempat buka rekening BNI yang mulia atas nama saya," jawab Ricky Rizal. "Di brebes juga begitu?" sahut hakim.

"Sempat begitu, atas nama saya keperluan waktu itu anaknya masih suka main, dari situ untuk keperluan," beber Ricky. "Kenapa tidak pakai rekening atas nama FS malah pakai nama saudara?" cecar hakim. "Saya kurang tahu," jawab Ricky Rizal.

Ricky Rizal juga menyebut ada rekening lain atas namanya yang digunakan untuk menyimpang uang Sambo. Rekening itu berada di BCA dengan jumlah lebih dari Rp. 100 juta.

"Apa ada rekening lain?" tanya hakim. "Ada rekening BCA yang mulia," ucap Ricky. "Dan itu uang milik FS?" cecar hakim. "Siap yang mulia,  untuk operasional Magelang," beber Ricky. "BCA ada berapa?" ucap hakim. "Saya tidak hafal yang mulia," jawab Ricky. "Lebih dari 100 juta?" tanya hakim. "Sepertinya begitu," ujar Ricky Rizal.

Sebelumnya, Ferdy Sambo buka suara terkait rekening milik Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat dan tedakwa Ricky Rizal yang disebutkan dalam jalannya persidangan. Menurut eks Kadiv Propam Polri itu, uang dalam kedua rekening tersebut bukan milik Yosua dan Ricky.

Keterangan itu disampaikan Sambo ketika diberi kesempatan oleh majelis hakim untuk menanggapi keterangan saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Menurut Sambo, uang dalam rekening atas nama Yosua dan Ricky itu untuk keperluan sehari-hari keluarganya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar