Siswi di Bekasi Tega Buang Bayi, Sosiolog: Kondisi Tertekan, Orangtuanya Pasti Tau

Senin, 5 Desember 2022 23:47 WIB

Share
Petugas saat memeriksa baju almamater yang dipakai untuk membungkus bayi seorang siswi SMAN. (Foto: Humas Polsek Serang Baru).
Petugas saat memeriksa baju almamater yang dipakai untuk membungkus bayi seorang siswi SMAN. (Foto: Humas Polsek Serang Baru).

BEKASI, POSKOTA.CO.ID - Siswi kelas 3 SMA di Kabupaten Bekasi tega buang bayi yang ia lahirkan di  toilet sekolah.

Peristiwa ini pun  turut disorot oleh  sosiolog.

Sosiolog Musni Umar mengungkapkan,  banyak remaja maupun muda mudi tak memperhatikan akibat pergaulan bebas.

"Bukan kali ini aja ya kasus serupa di luar nikah, di luar perkawinan pasti malu dengan teman dan keluarga, hal itu membuat sedih kita semua," ujar Musni Umar saat dikonfirmasi Poskota.co.id, Senin (5/12/2022).

Dampak buruk adanya kasus tersebut ialah merambah ke berbagai lini baik keluarga dan lingkungan.

Terutama pada keluarga, selanjutnya dari adanya lingkungan yang buruk, kemungkinan pelaku ataupun sang ibu tertular dalam pergaulan buruk.

Sosiolog dari Universitas Ibnu Chaldun (UIC) Jakarta itu menambahkan, peran sekolah, orangtua dan lingkungan juga tak merespon dengan sigap.

"Sekolah ini tidak menyadari, hanya sekedar melakukan kegiatan belajar mengajar, namun antispasi dan mitigasi adanya pergaulan bebas sangat sedikit disampaikan," kata Musni.

Tak hanya itu, perlu penguatan pendidikan karakter baik moral, serta pengendalian diri dilingkungan para pelajar maupun remaja.

Bahkan, banyakan tontonan bebas berkeliaran di berbagai platform turut membuat peran orang tua harus lebih ekstra melakukan pengawasan.

Halaman
Reporter: Ihsan Fahmi
Editor: Idham Kurniawan
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar