ADVERTISEMENT

Sungai Cikareteg Diserang Abrasi, Jalan Penghubung Bogor-Sukabumi Terancam Amblas

Sabtu, 3 Desember 2022 15:28 WIB

Share
Jembatan Bogor-Sukabumi nyaris amblas. (dokumen bpbd)
Jembatan Bogor-Sukabumi nyaris amblas. (dokumen bpbd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Musim penghujan tahun ini, sungai Cikereteg meluap, Jalan Provinsi penghubung Bogor-Sukabumi, Jawa Barat, terancam amblas, Sabtu (3/11/2022).

Jalan provinsi yang terletak di Kampung Ciderum, RT.2/ RW.6, Desa Ciderum Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor ini terancam amblas setelah Tembok Penahan Tanah (TPT) di lokasi tersebut terdampak abrasi dari luapan Sungai Cikereteg.

Staff Kedaruratan dan Logistik (Ratik) pada BPBD Kabupaten Bogor, Jalaludin mengatakan, peristiwa abrasi tersebut terjadi pada Jum'at (2/12/2022) pukul 18.20 WIB.

Jalan Provinsi penghubung antar Bogor-Sukabumi tersebut terancam amblas lantaran struktur tanah yang labil dan bagian Tembok Penahan Tanah (TPT) yang sudah jebol karena luapan Sungai Cikareteg.

"Hujan dengan intensitas tinggi dan meluapnya aliran sungai cikareteg membuat tanah longsor dan jalan provinsi penghubung atara kabupaten Bogor dan kabupaten Sukabumi mengalami keretakan dan terancam amblas," ungkapnya melalui keterangan tertulisnya. 

Dari analisisa sementara yang dilakukan oleh BPBD, didapati Jalan Provinsi penghubung antara Kabupaten Bogor dengan kabupaten Sukabumi terancam amblas dan terjadi longsoran pada bagian pinggir jalan.

"Sehingga mengakibatkan Tembok TPT amblas. Dengan rincian di pinggir jalan (amblas) sepanjang 60 meter, tinggi 30 meter dan pada bagian jalan raya (amblas) sepanjang 45 meter dan lebar 4 meter," terangnya.

Akibat peristiwa tersebut, kata Jalal, fasilitas umum (fasum) Jalan Raya Provinsi penghubung antara Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi mengalami keretakan dan miring hingga terancam amblas.

Beruntung tak ada korban jiwa atas amblasnya TPT yang disertai longsoran tanah tersebut, namun akibat abrasi ini satu blok ruko pun dalam keadaan terancam.

Saat ini akses jalan provinsi penghubung antar kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi tersebut masih dilewati oleh warga serta sudah dipasang police line dan kayu untuk memblokade jalan yang terancam amblas. (panca)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT