Kontroversi Gol Kedua Jepang Saat vs Spanyol, VAR Dipersalahkan

Jumat, 2 Desember 2022 06:01 WIB

Share
Golkontroversi. Umpan silang yang menjadi gol kedua Jepang, tapi saat pemain Jepang mengumpan bola dinilai sudah out, VAR memutuskan masih play, masih di garis. (Foto: The Sun)
Golkontroversi. Umpan silang yang menjadi gol kedua Jepang, tapi saat pemain Jepang mengumpan bola dinilai sudah out, VAR memutuskan masih play, masih di garis. (Foto: The Sun)

QATAR - Gol kontroversi akhirnya terjadi juga di Piala Dunia 2022 di Qatar, yakni gol yang dicetak pemain Jepang ke gawang Apanyol yang dijaga Unai Simon, Jumat dini hari.  Dengan hasil yang membuat Jerman tersingkir dari kompetisi dengan cara yang menakjubkan.

Awalnya, Jepang melakukan serangan cepat, umpan silang tipis di garis samping kiper Unai Simon berhasil dijadikan umpan dan disambut Tanaka. Bola langsung masuk ke gawang Unai Simon.

Sorak suporter Jepang membahana. Namun, ada protes pemain Spanyol, karena menganggap bola sudah keluar garis. Sorak suporter dan keceriaan pemaian Jepang pun terhenti.

Pertandingan juga terhenti. Wasit mendapat panggilan dari kru VAR. Wasit berkomunikasi agak lama. Pemain Spanyol ada yang protes lagi. Wasit masih konsetrasi dengan kru VAR.

Alhasil, gol sah, Suporter dan para pemain Jepang kembali sorak membahana. Skor berubah menjadi 2-1 untuk Jepang, gol kedua oleh Tanaka.

Namun, kontroversi langsung muncul dimana-maka. Kontroversi gol kedua Jepang itu orang akan mempermasalahkan VAR (video Assistant Referee), video untuk membantu wasit.

Gol kontroversi itu terjadi pada menit ke-51 pertandingan, hanya beberapa menit setelah Ritsu Doan menyamakan skor untuk tim Jepang. 

Soal bola yang dinilai sudah keluar, adalah saat  umpan silang dari sisi jauh, bola menuju tiang jauh di mana Kaoru Mitoma berhasil menginjaknya tepat sebelum melewati garis byline.

Sentuhan itu terbukti menentukan, saat bola umpan disambar Ao Tanaka menjebol gawang  Unai Simon, hingga memberi Jepang keunggulan 2-1.

Gol tersebut awalnya dibatalkan oleh wasit, Victor Gomes dari Afrika Selatan, tetapi dia segera dipanggil untuk pemeriksaan VAR.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar