ADVERTISEMENT

Dakar 2023 Hadirkan Rute Paling Menantang

Jumat, 2 Desember 2022 23:00 WIB

Share
Dakar 2023
Dakar 2023

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

POSKOTA.CO.ID - Rute paling menantang dijanjikan penyelenggara Dakar 2023.

Reli ketahanan edisi keempat yang digelar di Arab Saudi ini akan menjelajahi lebih banyak gunung pasir.

Selama 15 hari di salah satu bentang paling ekstrem di dunia itu, reli terdiri dari prolog dan 14 etape, termasuk empat hari menjelajahi Rub' Al Khali atau Empty Quarter yang merupakan gurun pasir terluas di dunia yang berada di wilayah selatan Semenanjung Arab.

"Wilayah raksasa di mana pasir adalah raja, terlebih dengan bentuknya yang paling megah: gunung pasir," kata Direktur Balapan David Castera seperti dikutip dari AFP pada Kamis (1/12/2022).

"Takutlah, sepertinya menjadi pesan dari rute Dakar 2023 ini," lanjutnya.

Sedikitnya 455 kendaraan dan 865 kompetitor termasuk juara bertahan Nasser Al Attiyah (mobil) dan Sam Sunderland (sepeda motor) akan berkumpul di garis start di dekat Laut Merah sebelum menempuh rute sejauh 8.549 km di mana 4,706 km di antaranya merupakan special stage yang dihitung catatan waktunya.

Edisi ke-45 Reli Dakar kali ini akan berlangsung mulai 31 Desember hingga 15 Januari 2023 sebelum finis di pesisir timur negara kerajaan tersebut.

Reli ini diluncurkan pada 1979 dengan menempuh rute Paris ke ibukota Senegal, Dakar. Kemudian beralih ke Arab Saudi setelah selama satu dekade menjelajahi Amerika Selatan. ***

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT