Heru Diminta Lakukan Reformasi Birokrasi untuk Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

Rabu, 30 November 2022 12:34 WIB

Share
Pengamat Kebijakan Publik, Trubus Rahadiansyah. (foto: ist)
Pengamat Kebijakan Publik, Trubus Rahadiansyah. (foto: ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pengamat Kebijakan Publik, Trubus Rahadiansyah menyarankan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melakukan reformasi birokrasi guna meningkatkan mutu pelayanan masyarakat.

Trubus menjelaskan reformasi birokrasi tersebut penting agar kebijakan Pj Gubernur DKI berjalan dengan baik. Menurutnya, hal itu bisa dimulai dengan mengganti Sekretaris Daerah (Sekda) serta seluruh Walikota dan Camat.

"Nah jadi kalau dia mau kebijakannya jalan sebagaimana yang di harapkan, saya rasa dia harus menggeser Sekda karena Sekda ini menjadi kunci keberhasilan kinerja Pemprov," ujar Trubus di Jakarta, Selasa (29/11/2022).

"Sekda kan orang kedua setelah Pj, kemudian juga Walikota dan Camat itu diganti semua kalau dia mau kita ulang semua," lanjutnya.

 

Trubus menduga, saat ini masih banyak pejabat DKI Jakarta era Anies yang kinerjanya tidak optimal. Misalnya, kata Trubus, masih banyak tradisi pungli pada sektor pelayanan masyarakat.

"Sekda, Walikota, Camat diganti semua karena masa Pak Anies mereka ini engga optimal kaya pungli masih jalan semua itu," sebutnya.

Menanggapi narasi soal Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono sebagai Antitesa Anies, Trubus menilai hal itu terlalu berlebihan dan kental muatan politis dari kelompok kontra dalam rangka mencari dukungan. 

 

"Terlalu jauh, itukan pernyataan pernyataan politis dari kelompok kelompok pendukungnya (Anies) tapi itu sengaja dikontruksi untuk seolah olah mencari dukungan," ungkapnya.

Halaman
Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar