Federasi Sepak Bola Jerman Terkena Sanksi FIFA, Denda Rp165 Juta

Rabu, 30 November 2022 13:15 WIB

Share
Para pemain Jerman saat merayakan gol ke gawang Jepang, saat laga penyisihan Grup E, Piala Dunia 2022. (Foto: twitter @FifaWorldCup)
Para pemain Jerman saat merayakan gol ke gawang Jepang, saat laga penyisihan Grup E, Piala Dunia 2022. (Foto: twitter @FifaWorldCup)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  FIFA mengenakan denda CHF 10.000 (Rs 160 crore) pada asosiasi sepak bola Jerman DFB. Denda itu dijatuhkan karena DFB tidak memperkenalkan para pemain timnas Jerman pada konferensi pers jelang laga melawan Spanyol.

Pertarungan antara Spanyol dan Jerman merupakan laga kedua Grup E Piala Dunia 2022 (28/11/2022).

Menurut peraturan FIFA, konferensi pers sehari sebelum setiap pertandingan harus mengirimkan seorang pemain untuk menjawab pertanyaan dengan pelatih.

 Namun, timnas Jerman hanya menurunkan pelatihnya Hans Flick. Insiden tersebut memicu penyelidikan oleh FIFA, yang akhirnya menjatuhkan denda.

 Melansir Daiymail pada Rabu (30/11/2022), alasan Flick datang sendirian adalah karena enggan memberangkatkan para pemain kuncinya dalam perjalanan jauh yang sia-sia ke Doha. Pasalnya, dari markas timnas Jerman ke Doha, dibutuhkan waktu sekitar tiga jam bolak-balik.

"Sangat penting bagi mereka untuk mengerahkan energi dalam latihan," kata pelatih asal Jerman itu.

 Hubungan FIFA dan Persatuan Sepak Bola Jerman memang sedikit tegang di Piala Dunia 2022. Timnas Jerman berfoto dengan tangan menutupi mulut saat pertandingan melawan Jepang (23/11/2022).

Aksi tersebut dilakukan setelah ban lengan One Love dilarang. Namun, sejauh ini, belum ada FIFA yang menjatuhkan sanksi apa pun atas tindakan tersebut.

Di sisi lain, markas Jerman Piala Dunia 2022 dikenal paling jauh dari tim peserta lainnya, sehingga Asosiasi Sepak Bola Jerman memilih resor mewah untuk Ilkay Gundogan dan lainnya.

 Selama Piala Dunia 2022, timnas Jerman akan menginap di Zulal Wellness Resort di Al Shamar. Tarif kamar di sini berkisar antara £700-19.000 (Rs 13,2-358,3 crore) per malam.(m1)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar