Sekda Tangerang: "Imam Masjid Miliki Peranan Memimpin dan Mempersatukan Umat

Selasa, 29 November 2022 13:41 WIB

Share
Sekda Kabupaten Tangerang, Maesyal Rasyid. (Ist)
Sekda Kabupaten Tangerang, Maesyal Rasyid. (Ist)

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Maesyal Rasyid membuka kegiatan pembinaan mutu bacaan imam masjid se-Kabupaten Tangerang tahun 2022. Acara tersebut digelar di Aula Masjid Agung Al Amjad Puspemkab Tangerang. 

Sekda dalam sambutannya mengatakan tugas dan fungsi Imam masjid bukan hanya sebagai sosok pemimpin dalam salat berjamaah, namun juga sebagai panutan serta teladan dalam mencerahkan dan mempersatukan ummat.

"Imam masjid memiliki peranan strategis dalam upaya membimbing, memimpin dan mempersatukan ummat," kata Sekda Kabupaten Tangerang, Selasa (29/11).

Sekda menambahkan bahwa kualitas ibadah ummat harus terus dijaga dan ditingkatkan agar nilai nilai keislaman maupun nilai tatanan sosial di tengah masyarakat tetap hidup dan berjalan dengan baik. Untuk itu, Sekda sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan pembinaan imam masjid yang ada di Kabupaten Tangerang.

"Kegiatan pembinaan ini salah satunya untuk mewujudkan ummat berkualitas, moderat dan toleran seiring dengan laju dimensional pola hidup sosial masyarakat," tutur Sekda.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Tangerang H. Luki Lukman Fauzi mengungkapkan pembinaan yang dilakukan dalam rangka mewujudkan Kabupaten Tangerang yang religius, sehingga imam masjid sendiri selain memimpin ibadah shalat mereka terus meningkatkan kemampuan bacaan dan pengetahuan dalam memimpin umat ke arah yang lebih baik.

"Saat ini 100 orang imam masjid ikut serta dalam pembinaan. Selanjutnya kita juga membagikan honor untuk guru ngaji agar pendidikan baca tulis Al-Qur'an dapat terus hadir di tengah masyarakat," ungkapnya.

Salah satu peserta pembinaan Junaedi, Imam masjid Al Hidayah Kecamatan Jambe mengungkapkan kegiataan pembinaan ini sangat penting mengingat jumlah masjid dan musala terus meningkat, akan tetapi masih banyak imam yang bacaannya belum sempurna sehingga harus terus ditingkatkan.

"Pembinaan mutu bacaan imam masjid sangat penting bagi kami, imam masjid dan mushola. Ke depan agar lebih ditingkatkan dan disempurnakan," pungkasnya.(Veronica Prasetio)
 

Reporter: Veronica Prasetio
Editor: Winoto
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar