Hari Guru Nasional 2022, Nadiem Makarim ajak Guru Berinovasi dan Ciptakan perubahan

Jumat, 25 November 2022 16:16 WIB

Share
Nadiem Makarim pimpin upacara Hari Guru Nasional 2022. (Foto/Dok. Kemendikbud)
Nadiem Makarim pimpin upacara Hari Guru Nasional 2022. (Foto/Dok. Kemendikbud)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyampaikan pidato di upacara peringatan Hari Guru Nasional 2022. 

Upacara yang dipimpin Nadiem Makarim ini digelar di Kompleks Kemendikbudristek Jakarta, Jumat (25/11/2022). Melansir dari laman resmi Kemendikbud, Nadiem Makarim mengajak seluruh guru untuk terus berinovasi, menciptakan perubahan, dan kebaruan untuk melompat ke masa depan. 

Dalam pidatonya, Nadiem Makarim mengungkapkan bahwa terobosan baru, yakni Merdeka Belajar yang telah dibuat selama tiga tahun terakhir telah membuat berbagai rintangan dari Sabang hingga Merauke mampu dilewati.

“Ketangguhan ini didorong karena kemauan kita untuk berubah dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang sudah tidak sesuai dengan tantangan serta kebutuhan zaman. Tentunya juga didorong oleh semangat kita menciptakan perubahan dan kebaruan,” kata Nadiem Makarim'

Nadiem Makarim menyebut perubahan tidak hanya terjadi bagi guru saja. Menurutnya, perubahan meliputi seluruh pegawai di Kemendikbudristek yang terus dipacu untuk berinovasi, mengubah cara pandang, serta cara kerja dalam memberikan layanan terbaik bagi pendidik dan peserta didik. 

Beberapa perubahan yang telah dilakukan Kemendibudristek untuk para guru dalam Merdeka Belajar adalah dengan terciptanya Platform Merdeka Mengajar, Program Guru Penggerak, Program Pendidikan Profesi Guru (PPG), dan pengangkatan guru honorer menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui seleksi ASN Pengawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK).

Lebih lanjut, Nadiem Makarim mengatakan bahwa tujuan Platform Merdeka Mengajar dirancang guna memenuhi kebutuhan guru akan ruang untuk belajar, berkarya, dan berkolaborasi. 

Hal ini menjadi cara kerja pemerintah untuk membuat perubahan dalam melayani masyarakat.

 “Platform tersebut kami buat berdasarkan kebutuhan di lapangan, bukan keinginan kami. Ini adalah perubahan besar cara kerja pemerintahan dalam melayani masyarakat,” ujar Nadiem Makarim.

Tak hanya itu, dalam Platform Merdeka Mengajar ini dapat membuat guru dengan mudah mengakses modul pembelajaran dengan gratis, mengunggah dan membagikan konten-konten praktik pembelajaran, serta terkoneksi dengan rekan sesama guru dari daerah lain. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar