Gempa Cianjur, Tim RDK Layani 50 Penyintas Gempa

Jumat, 25 November 2022 14:00 WIB

Share
Foto : Tim RDK Dompet Dhuafa melayani penyintas gempa di Cianjur, Jawa Barat. (Ist)
Foto : Tim RDK Dompet Dhuafa melayani penyintas gempa di Cianjur, Jawa Barat. (Ist)

JABAR, POSKOTA.CO.ID -  Sejak hari pertama gempa melanda Cianjur pada Senin (21/11/2022) lalu, tim Respons Darurat Kesehatan (RDK) Dompet Dhuafa terus melakukan aksi layanan kesehatan. Pada Kamis (24/11/2022).

Tim RDK bergerak ke pengungsian di Kp. Awilarangan Kidul, Desa Benjot, Kec. Cugenang, Kab. Cianjur, Jawa Barat, untuk melakukan aksi Sebanyak 50 penyintas gempa terlayani oleh tim RDK di kawasan tersebut.  

Salah satu penerima manfaat layanan ini, Bu Nina (22) datang bersama anaknya, Aria (6). Bu Nina menceritakan kisahnya saat gempa terjadi. Saat itu, ia bersama sang ibu berada di dalam rumah. Guncangan terjadi, runtuhan rumah pun tak bisa dihindari. Nina bergegas membopong ibunya keluar rumah, hingga nyawa akhornya terselamatkan.

"Ibu saya tertimpa reruntuhan. Langsung saya tolong. Dua menit saja tidak ditolong, mungkin tidak terselamatkan," ujarnya saat diperiksa oleh tim RDK. 

Tidak hanya mereka berdua. Aria pun menjadi korban runtuhan. Dari kepalanya, keluar aliran darah cukup deras. Usai berhasil diselamatkan, oleh sang ibu ditutup sebisa mungkin sumber darah yang mengalir. Hingga berhasil diselamatkan. Rumah mereka kini hancur dan tidak dapat ditempati kembali.

Pilihan yang sulit memang, antara menolong sang ibu atau anak terlebih dahulu. Namun karena saat itu potensi bahaya lebih besar menyelimuti sang ibu, akhirnya Nina berusaha menolong ibunya terlebih dahulu, baru Aria kemudian. Aria menangis kencang serta bersimbah darah saat keluar dari rumahnya yang hancur. Ketiganya pun kini dalam keadaan semakin membaik meski harus tetap harus selalu mendapatkan penanganan lanjutan. 

"Saya bingung dan panik mau tolong ibu saya atau anak saya. Akhirnya saya tolong ibu saya dulu baru setelah itu anak saya," terang Bu Nina.

Koordinator tim RDK gempa Cianjur, Muhammad Faisal mengatakan, kini Aria telah mendapatkan penanganan kesehatan oleh tim RDK. Kondisinya pun semakin membaik. Meski begitu, tim RDK akan terus melakukan pemantauan secara berkala. 

Sementara ini, Bu Nina dan keluarganya sementara mengungsi di titik pengungsian yang berada dekat dengan Dapur Umum yang didirikan oleh Dompet Dhuafa. (Ril)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar