ADVERTISEMENT

Rayakan HKN, Desa Ramah Lansia Ciinjuk Menggelar Pengobatan Gratis

Kamis, 17 November 2022 14:04 WIB

Share
Para lansia di Desa Ciinjuk Pandeglang saat mengikuti pengobatan gratis. (foto: poskota/samsul fatoni)
Para lansia di Desa Ciinjuk Pandeglang saat mengikuti pengobatan gratis. (foto: poskota/samsul fatoni)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID - Desa Ramah Lansia Ciinjuk, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang, merayakan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2022 dengan mengusung tema "Lansia Sehat Lansia Bahagia". 

Peringatan HKN tersebut diisi dengan beberapa kegiatan, mulai dari pemeriksaan kesehatan, penyuluhan kesehatan, hiburan musik dan kegiatan lainnya.

Relawan Inspirasi Desa Lansia Ciinjuk, Pandeglang, Agus Wardani mengungkapkan, peringatan HKN yang dilaksanakan Desa Ramah Lansia Ciinjuk ini untuk menggiatkan gerakan sosial di bidang kesehatan. 

"Dalam hal ini, para lansia diberikan pengobatan gratis, baik cek gula darah, tensi darah serta edukasi tentang Pola Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) serta kegiatan lainnya," ungkap Agus dalam acara HKN 2022 di Kampung Cadasari Tengah, Desa Ciinjuk, Kecamatan Cadasari, Pandeglang, Kamis 17 November 2022.

Menurutnya, pada momentum HKN ini pihaknya bukan hanya sebatas melakukan pemeriksaan kesehatan pada para lansia. Akan tetapi untuk mengawasi dan melihat kondisi lansia baik dari segi fisiknya maupun mentalnya juga. 

"Lansia itu harus dijaga kesehatan fisiknya dan mentalnya juga. Supaya para lansia bisa menikmati hidupnya dengan sehat dan bahagia," katanya. 

Dalam Desa Ramah Lansia Ciinjuk tersebut lanjut Agus, ada sekitar 80 lebih para lansia yang menjadi binaan Desa Ramah Lansia. Para lansia dalam satu bulan mendapat dua kali pemeriksaan kesehatannya dan dilakukan pengawasan mental. 

"Ada yang namanya Posbindu. Jadi kita keliling mengontrol dan mengawasi kesehatan para lansia yang menjadi binaan Desa Ramah Lansia Ciinjuk ini," ujarnya. 

Di tempat yang sama, Kepala Puskesmas Cadasari, Pandeglang, Daeng mengapresiasi terhadap para relawan Desa Ramah Lansia ini. Pihaknya juga berharap, Desa Ramah Lansia Ciinjuk ini jadi percontohan bagi desa yang lain agar para lansia di Pandeglang mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal.

"Untuk Desa Ramah Lansia Ciinjuk ini baru pertama kali ada di wilayah Cadasari bahkan Kabupaten Pandeglang. Maka ini harus jadi percontohan bagi desa yang lain," tuturnya. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Cahyono
Contributor: Samsul Fatoni
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT