ADVERTISEMENT

Dinas LH DKI Temukan Banyak Gedung Membuang Limbah ke Kali Ciliwung

Kamis, 10 November 2022 20:13 WIB

Share
Dinas LH DKI bersama TNI-Polri saat melakukan susur sungai di Kali Ciliwung, Jakarta Pusat. (foto: ist)
Dinas LH DKI bersama TNI-Polri saat melakukan susur sungai di Kali Ciliwung, Jakarta Pusat. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta gandeng TNI-Polri melakukan susur sungai di bantaran Kali Ciliwung, Jakarta Pusat. Hal ini sebagai bentuk kerja bakti menuju Jakarta Bebas Sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto menemukan gedung-gedung tinggi yang kerap membuang limbahnya ke Kali Ciliwung. 

"Saya perhatikan itu adalah ternyata gedung-gedung di Jakarta ini buang limbahnya masih ke kali. Dan tadi sepanjang menyisir itu banyak banget," kata Asep di bantaran kali Ciliwung, kawasan Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis 10 November 2022. 

Dengan adanya hal itu, kata Asep, pihaknya bakal konsentrasi mengatasi masalah tersebut. Sebab, dengan adanya pembuangan limbah sembarangan akan memperburuk air sepanjang kali Ciliwung. 

"Ini yang ke depannya juga menjadi konsen kami di mana memang pengelolaan limbah itu tidak boleh langsung dibuang ke kali. Jadi harus ada treatment terlebih dahulu," tuturnya.

"Memang kondisi kali kita juga bisa seperti saat ini saya sampaikan di sambutan itu memang masih tercemar sedang dan tercemar berat. Ini yang menjadi konsen kami," tambah Asep.

Anak buah Penjabat (Pj) Heru Budi Hartono ini berharap ke depan warga baik gedung dan rumah tangga agar semakin peduli dengan sampah maupun limbah cair tidak dibuang secara serampangan.

"Kita siapkan bak sampah seperti yang tadi ada di Penjambon, di sana ada semacam tempat sampah besar itu mungkin nanti bisa menjadi bagian dari warga untuk buang sampah. Sehingga tidak buang lagi ke kali," pungkasnya.

Sebagai informasi, Pemprov DKI Jakarta turut menggandeng Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad), Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Brimob, Marinir hingga Pemadam Kebakaran (Damkar) guna menyisir kali Ciliwung, Jakarta Pusat. 

Kegiatan Pemprov yang diwakili oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) itu, bertajuk kerja bakti dengan berbagai elemen masyarakat dalam upaya Jakarta Bebas Sampah. (aldi)

ADVERTISEMENT

Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Cahyono
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT