ADVERTISEMENT

Menerima Saran LPSK, Polresta Bogor Kota akan Tindaklanjuti dengan Membuka Kembali Kasus Dugaan Pemerkosaan di Kemenkop

Kamis, 3 November 2022 16:42 WIB

Share
Plt Kapolresta Bogor Kota, AKBP Ferdy Irawan. (Foto: panca/poskota)
Plt Kapolresta Bogor Kota, AKBP Ferdy Irawan. (Foto: panca/poskota)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Polresta Bogor Kota menyatakan menerima saran LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban), yakni saran agar kepolisian membuka kembali kasus dugaan pemerkosaan yang terjadi di lingkungan Kemenkop.

Dengan menerima saran dari LPSK itu, Polresta Bogor Kota lakukan pendalaman guna membuka berkas perkara.

"Adapun dari pertemuan tadi, dari LPSK menyampaikan beberapa saran masukan kepada penyidik dan sudah didengarkan bahwa berharap setelah nanti assesment terhadap korban dalam penelitian kalau memungkinkan kepada penyidik menyarankan agar membuka perkara ini," ungkap Plt Kapolresta Bogor Kota, AKBP Ferdy Irawan, Kamis (3/11/2022).

AKBP Ferdy mengaku, pihak Polresta Bogor Kota menerima saran LPSK tersebut dan akan menindaklanjutinya, yakni membuka kembali kasus dugaan pemerkosaan yang terjadi di lingkungan Kemenkop.

"Kita akan melihat apakah dalam perkara ini ada bukti baru atau alasan kuat untuk membuka kembali perkara ini kembali," terangnya. 

Kemudian, kata Ferdy, dalam pertemuan dengan LPSK, pihak kepolisian telah memaparkan penanganan kasus dugaan pemerkosaan atau pencabulan yang ditangani pada bulan Desember 2019 lalu.

"Kita sudah memaparkan dari awal adanya laporan sampai naik ke proses penyedikan, penahanan, kemudian ada permintaan dari korban maupun keluarganya untuk pencabutan laporan maupun perdamaian sampai terjadi pernikahan dan sampai perkara ini dihentikan," ujar Ferdy. 

Pihak kepolisian pun telah menjelaskan semua proses dan faktor dokumen pendukung lainnya kepada LPSK terkait kasus dugaan pemerkosaan ini.

"Ini menunjukan bahwa proses penyedikan, tahapan-tahapan penyidikan sudah kami laksanakan. Disamping nanti menunggu proses pra peradilan yang mungkin akan dilakukan oleh pihak korban maupun keluarganya. Kami juga titip pesan kepada LPSK ketika ada informasi tambahan, keterangan dari korban yang mungkin belum sempat kami gali bisa disampaikan dan ketika kami ketemu dengan korban diceritakan secara detail kepada penyidik," Urai Ferdy.

Karena memang, lanjut Ferdy, yang terjadi itu diluar perkiraan pihak kepolisian. "Ternyata adanya pernikahan yang mereka lakukan dan ada masalah sehingga mencuat persoalan bahwa meminta perkara ini dilanjutkan kembali

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT