Perkawinan Sesama Jenis Diakui di Semua Negara Bagian Meksiko

Selasa, 1 November 2022 13:00 WIB

Share
Seorang pria memberikan cincin kawin kepada suaminya dalam upacara perkawinan massal yang diselenggarakan otoritas kota sebagai bagian dari perayaan bulan kebanggaan LGBT di Mexico City pada 24 Juni 2022.
Seorang pria memberikan cincin kawin kepada suaminya dalam upacara perkawinan massal yang diselenggarakan otoritas kota sebagai bagian dari perayaan bulan kebanggaan LGBT di Mexico City pada 24 Juni 2022.

MEKSIKO, POSKOTA.CO.ID - Parlemen di negara bagian perbatasan Tamaulipas memutuskan untuk melegalkan perkawinan sesama jenis.

Keputusan ini diambil pada pekan lalu.

Tamaulipas menjadi yang terakhir dari 32 negara bagian Meksiko yang mengesahkan ikatan semacam itu. Demikian dikutip dari Associated Press.

Langkah untuk mengubah KUHP negara bagian itu disahkan dengan 23 suara mendukung, 12 menentang, dan dua abstain. Hal disambut sorakan para pendukung perubahan.

Sesi pembahasan itu berlangsung sementara kelompok-kelompok yang mendukung dan menentang legalisasi perkawinan sesama jenis meneriakkan pendapat-pendapat mereka dari balkon gedung parlemen. Para legislator akhirnya pindah ke ruangan lain untuk menyelesaikan debat dan pemungutan suara mereka.

Ketua Mahkamah Agung Meksiko Arturo Zaldivar menyambut baik hasil pemungutan suara tersebut.

“Seluruh negeri bersinar dengan pelangi besar. Hidupkan martabat dan hak semua orang. Cinta adalah cinta,'' katanya di Twitter.

Sebelumnya parlemen di negara bagian Guerrero di Meksiko Selatan menyetujui undang-undang serupa yang mengizinkan perkawinan sesama jenis.

Mahkamah Agung pada tahun 2015 menyatakan undang-undang negara bagian yang mencegah perkawinan sesama jenis tidak konstitusional.

Tetapi beberapa negara bagian membutuhkan waktu beberapa tahun untuk mengadopsi undang-undang yang sesuai dengan keputusan tersebut. ***

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar