ADVERTISEMENT

Siswa PAUD di Pandeglang Dilatih Cara Menyelamatkan Diri saat Terjadi Bencana

Kamis, 27 Oktober 2022 13:51 WIB

Share
Pelatihan dan pengenalan kebencanaan bagi anak usia dini di Pandeglang. (foto: ist)
Pelatihan dan pengenalan kebencanaan bagi anak usia dini di Pandeglang. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID - Para siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Pandeglang, dikenalkan dengan bencana kebakaran.

Hal ini guna memberikan pemahaman kepada anak usia dini tentang bencana kebakaran dan bagaimana penanggulangannya. 

Salah seorang pejabat pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBDPK) Pandeglang, Lilis mengatakan, bahwa pentingnya pengenalan bencana kebakaran pada anak usia dini. Hal ini, agar anak mengetahui tentang bencana tersebut.

"Anak kecil masih peka terhadap hal-hal yang baru. Maka agar mental anak terbangun kita kenalkan materi kebencanaan terhadap anak-anak ini," ungkapnya, Kamis 27 Oktober 2022.

Selain pengenalan bencana kebakaran kata Lilis, anak-anak usia dini juga dikenalkan dengan cara penanggulangannya dan alat-lat penanggulangan bencana kebakaran tersebut. 

"Ketika terjadi bencana kebakaran, mereka nantinya tahu bahwa bagaimana menyelamatkan diri dan bagaimana pula cara memadamkan api dalam kebakaran itu," katanya. 

Tak hanya itu, pihaknya juga berupaya bagaimana para guru dan orang tua siswa mengendalikan situasi di rumah jika terjadi bencana kebakaran, sehingga tidak terjadi kepanikan yang membuat buruk situasi. 

"Jika sudah terlatih, anak juga nantinya tidak akan pani mereka sudah tahu bagaimana cara menyelamatkan diri ketika terjadi kebakaran," ujarnya. 

Dalam kesempatan itu lanjut dia, anak-anak juga tidak hanya dikenalkan pada bencana kebakaran, akan tetapi dilatih pula bagaimana cara melakukan penyelamatan diri ketika terjadi gempa bumi. 

"Ketika ada gema, saat berada di dalam ruangan misalnya harus lari ke luar rumah atau ruangan mencari lahan lapang. Menutup kepala dengan alat yang ada serta masuk ke dalam kolong meja. Jadi ketika ada gempa anak ini sudah faham bagaimana penyelamatannya," jelasnya. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Cahyono
Contributor: Samsul Fatoni
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT