ADVERTISEMENT

Temui Menhub, Heru Bahas Percepatan Intergrasi Transportasi Massal dan Kendaraan Umum Berbasis Listrik

Senin, 24 Oktober 2022 13:30 WIB

Share
Pj Gubernur Heru Bud Hartono menemui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (foto: ist)
Pj Gubernur Heru Bud Hartono menemui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menemui Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, di Gedung Kemenhub RI, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, pada Senin (24/10/2022).

Pertemuan ini membahas percepatan integrasi transportasi massal, serta ketersediaan kendaraan umum berbasis listrik di Jakarta.

Dalam kesempatan ini Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa pihaknya bersama jajaran Dirjen Kemenhub sudah melakukan koordinasi cukup penting, mengingat Jakarta adalah satu role model bagi kota-kota yang lain, dan transportasi adalah satu kegiatan sering menjadi contoh bagi wilayah lainnya.

"Kami banyak bicara berkaitan dengan angkutan umum massal, yakni bahwa MRT sudah tahap satu dan tahap dua. Lalu yang menggembirakan adalah untuk MRT investornya bukan saja Jepang, tetapi sudah ada dari Korea dan dari United Kingdom (UK) Inggris. Oleh karena itu, kita harapkan dalam kegiatan G20 nanti, kita akan melakukan MoU dengan ketiga negara tersebut," ujar Budi Karya Sumadi.

Di samping pembahasan MRT, pembahasan antara Pemprov DKI Jakarta dengan Kemenhub selanjutnya adalah terkait kendaraan berbasis listrik. 

Hal ini menjadi fokus perhatian karena keberadaan kendaraan, seperti mobil dan motor listrik ini menjadi konsep Presiden Joko Widodo, dimana memiliki keuntungan, seperti irit bahan bakar dan lingkungan menjadi terjaga.

Sehingga, Pj Gubernur Heru akan menindaklanjuti hasil pertemuan dengan Menteri Budi Karya, dengan melakukan kajian dan koordinasi dengan jajarannya di Pemprov DKI, serta membuka kemungkinan kerja sama dengan stakeholder swasta, misalnya terkait penyediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di tempat publik.

"Jadi, apa yang tadi disampaikan (Menteri Budi Karya) poin-poinnya akan kami eksekusi. Ada beberapa yang bisa kita segera eksekusi, seperti di Manggarai dan Tanah Abang bakal ada penambahan SPKLU," kata Pj Gubernur Heru.

"Ke depannya, mungkin pemerintah daerah ataupun nanti bersama dengan swasta di dalam perizinannya akan ada diskusi. Terbaru, pembahasannya adalah di setiap gedung disiapkan ada tempat SPKLU," ujar Heru.

Lalu, terkait LRT dan MRT, lanjutnya, semua fokus ke sana dan sudah banyak dibahas termasuk detailnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT