Pj Gubernur: Kebakaran Masjid JIC Disebabkan Kelalaian Pekerja Kontruksi yang Tengah Melakukan Renovasi

Kamis, 20 Oktober 2022 18:45 WIB

Share
Detik-detik kubah islamic center runtuh (Foto: instagram/memomedsos)
Detik-detik kubah islamic center runtuh (Foto: instagram/memomedsos)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Peristiwa kebakaran hebat melanda Masjid Raya Jakarta Islamic Center (JIC), Koja, Jakarta Utara pada Rabu (19/10/2022) sekira pukul 15.15 WIB sore hari kemarin.

Menurut Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono, kebakaran Masjid JIC yang mengakibatkan kubah Masjid hingga roboh itu, disebabkan karena adanya kelalaian pekerja kontruksi yang tengah melakukan renovasi.

"Kemarin jam 5 saya ke sana, dan bersama dengan Kapolres (Metro Jakarta Utara). Intinya itu adalah mungkin kelalaian kerja," ujar Heru Budi kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis (20/10/2022).

Dia melanjutkan, terkait dengan penanganan, pihaknya kini telah memanggil sejumlah pihak guna dimintai keterangan terkait terjadinya kebakaran di Masjid JIC.

"Tadi pagi Asisten Pembangunan dan seluruh terkait dengan proses itu, termasuk Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (Citata) saya sudah kumpulkan tadi pagi jam 8 untuk segera diperbaiki yang akibat kebakaran," tutur Heru Budi.

Sementara itu, Humas JIC, Paimun Karim mengatakan, penyebab kebakaran masjid JIC ialah karena adanya aktivitas pekerjaan perbaikan kubah.

"Penyebab kebakaran diduga dari aktivitas pekerjaan perbaikan kubah. Sebab per tanggal 26 Agustus 2022, Masjid Raya JIC sedang dalam masa renovasi yang dikerjakan oleh PT. Dwi Agung Sentosa Pratama yang ditunjuk oleh PT. Mitra Sindo Makmur berdasarkan surat nomor 017/MSM/VIII/2022. Tertanggal 19 Agustus 2022," kata Karim dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/10/2022).

Sebelumnya, Kapolres Metro Jakarta Utara, Komisaris Besar Wibowo mengatakan, kebakatan tersebut diduga terjadi karena disebabkan oleh adanya percikan api las yang menyambar ke bahan mudah terbakar di lokasi yang tengah dilakukan renovasi.

Untuk diketahui, dalam peristiwa terbakarnya Masjid JIC, tidak ditemukan adanya korban tewas akibat kebakaran ini. Pun dengan jamaah yang beribadah di ruang utama, tidak ditemukan adanya korban.

Diketahui, api pertama kali membakar sisi barat kubah Masjid JIC. Saat itu kubah masjid sedang direnovasi, dan pekerja tengah memasang lapisan baru di kubah berwarna hijau itu.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar