Apresiasi Meja Pengaduan Balai Kota, PSI: Tak Perlu Dibandingkan dengan JAKI

Kamis, 20 Oktober 2022 22:46 WIB

Share
PJ Gubernur Heru Budi hartono membuka pos pengaduan warga di Balai Kota.
PJ Gubernur Heru Budi hartono membuka pos pengaduan warga di Balai Kota.

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono membuka kembali posko pengaduan warga di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat yang dimulai pada Selasa (18/10/ 2022) lalu.

Kebijakan Posko pengaduan warga ini pun dulu juga pernah diterapkan pada era Gubernur Joko Widodo (Jokowi) dan juga Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

 Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra mengapresiasi dibukanya kembali layanan aduan masyarakat di meja pengaduan Balai Kota.

"Saya rasa ini patut diapresiasi karena waktu dahulu layanan ini dibuka juga animo masyarakat besar. Layanan tatap muka lebih digandrungi masyarakat karena mereka bisa berinteraksi langsung dengan pejabat terkait sehingga jadi lebih informatif juga," kata Anggara dalam siaran persnya, Kamis (20/10/2022).

Legislator Kebon sirih ini juga menanggapi kritik sebagian pihak yang mengatakan meja pengaduan tak dibutuhkan karena sudah ada kanal Jakarta Kini (JAKI).

"Tidak perlu dibandingkan lah. Kita justru harus buka seluas-luasnya alternatif mengadukan permasalahannya," ujar Anggara.

Sebab, dikatakan Anggara, kanal pengaduan online itu baik tapi harus diakui ada yang masalah yang kompleks sehingga merasa lebih baik mengadu langsung.

 "Ini masalah alternatif saja," ucap Anggara.

Politisi PSI ini lantas menekankan bahwa kecepatan respons dan penyelesaian masalah adalah yang terpenting dalam sistem pengaduan.

"Mau lewat manapun pengaduannya, yang paling penting kan bagaimana tingkat responsifnya jajaran Pemprov DKI dalam tindak lanjut. Saya harap saat alternatif sudah banyak, kita perhatikan juga kualitas penanganannya," tutup Anggara. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar