ADVERTISEMENT

Esok Hari, Polisi Siapkan Area Silang Monas untuk Aksi Demonstrasi Buruh Tolak PHK Sepihak

Selasa, 11 Oktober 2022 15:26 WIB

Share
Ilustrasi aksi demonstrasi Aliansi Serikat Buruh. (foto: poskota/adam)
Ilustrasi aksi demonstrasi Aliansi Serikat Buruh. (foto: poskota/adam)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Polres Metro Jakarta Pusat telah menyiapkan kawasan Silang Monas untuk aksi demonstrasi Aliansi Serikat Buruh yang bakal digelar, Rabu 12 Oktober 2022, esok hari.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin mengatakan, demonstrasi buruh ditempatkan di Silang Monas agar tak mengganggu lalu lintas. 

"Supaya tidak mengganggu arus lalu lintas, kita selalu mengimbau agar bisa menggunakan tempat yang disiapkan, salah satunya area Silang Monas (seperti yang pernah disarankan oleh Kapolda Metro Jaya)," ujar Komarudin, saat dihubungi, Selasa 11 Oktober 2022.

Mantan Kapolres Metro Tangerang Selatan itu melanjutkan, meski pihaknya telah mengetahui akan ada aksi demonstrasi Serikat Buruh esok hari, namun belum menerima adanya Surat Pemberitahuan.

"Saya sudah lihat flyernya sih. Tapi kalau pemberitahuannya biasanya ke Polda. Saat ini kami belum dapat surat perintah dari Polda juga," ungkap Komarudin.

"(Tapi pengamanan tetap disiagakan?) Udah pam (red: pengamanan) tiap hari bekerja. Tapi kalau untuk jumlahnya masih menunggu dari Polda, biasanya nanti malam baru keluar berapa banyak personel yang akan disiagakan," sambung dia.

Selain itu, perwira menengah Polri tersebut juga mengimbau, agar aksi demonstrasi yang akan dilangsungkan esok hari dapat dijalankan dengan tertib dan kondusif.

"Tentunya kami selalu mengimbau agar demonstrasi dijalankan secara aman dan tertib, hormati hak-hak masyarakat lain yang beraktivitas di Jakarta. Dan jangan sampai mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab," tukasnya.

Sementara itu, Presiden Partai Buruh, Said Iqbal mengatakan, dalam demonstrasi yang akan digelar pihaknya esok hari, setidaknya ada sekitar 50 ribu orang buruh dari berbagai serikat yang akan turut memadati area Istana Negara.

"Partai Buruh bersama elemen kelas pekerja akan melakukan unjuk rasa 50 ribu buruh di Istana Negara pada tanggal 12 Oktober 2022. Massa aksi di Istana berasal dari  Banten, Jawa Barat, dan DKI. Tidak hanya itu, pada saat yang sama, aksi juga dilakukan di 31 Provinsi yang lain, dengan titik aksi di kantor Gubernur masing-masing Provinsi," kata Said dalam keterangan tertulisnya, Selasa 11 Oktober 2022.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Andi Adam Faturahman
Editor: Cahyono
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT