Obrolan Warteg: Siap Graak, Apa Mau Tidur?

Jumat, 7 Oktober 2022 08:29 WIB

Share
Kartun Obrolan Warteg: Siap Graak, Apa Mau Tidur? (kartunis: poskota/ucha)
Kartun Obrolan Warteg: Siap Graak, Apa Mau Tidur? (kartunis: poskota/ucha)

“BRO, jangan lupa, Minggu besok acara mancing,” kata Yudi kepada sohibnya mas Bo dan Heri, mengawali obrolannya di warteg sambil maksi.

“Siaaap,” jawab mas Bro dan Heri serentak.

“Jangan cuma siap – siap saja. Nggak tahunya siap nggak datang. Siap nggak mancing. Gue kan nggak tahu siap lo itu siap yang gimana,” kata Yudi.

“Yaelah... nggak percaya sama sohib,” kata Heri.

“Ini bukan sohib dan tidak sohib, tapi soal kejelasan kata siap,” kata Yudi.

 Seperti diberitakan, kata siap belakangan ini menjadi viral. Ini berawal ketika Ganjar Pranowo mengunggah foto di bawah baliho PDIP yang memuat foto Puan Maharani bertuliskan “2024 Menang Spektakuler, Hattrick”. Foto itu diunggah Ganjar di akun Instagramnya dengan caption “Siap”.

Unggahan foto tersebut, mendapat respons dari koleganya di PDIP. Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP PDIP, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul mempertanyakan kata siap yang dimaksud Ganjar. Apalagi tidak ada “siap gerak”. Kalau ‘siap’ bisa (siap) pulang tidur, tapi siap gerak, dia akan bergerak.

Memang sih, kata siap memiliki sejumlah makna. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata siap bisa berarti sudah disediakan, sudah selesai. Siap berarti pula “sudah bersedia (untuk).Itulah sebabnya kata siap, lazimnya akan diikuti dengan kata lainnya, misalnya siap cetak, siap potong, siap santap, siap pakai dan sebagainya. Boleh jadi itu yang dimaksud “ siap untuk apa?”

“Makanya kalian jangan cuma bilang siap – siap saja,” kata Yudi.

“Okelah kalau begitu, saya siap datang ikut acara mancing pada Minggu besok,” kata mas Bro.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar