ADVERTISEMENT

Waspada Potensi Hujan Lebat di Empat Kecamatan di Pandeglang pada Siang dan Sore Hari

Kamis, 6 Oktober 2022 08:23 WIB

Share
Peta prakiraan cuaca wilayah Pandeglang. (Foto: Ist)
Peta prakiraan cuaca wilayah Pandeglang. (Foto: Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID -  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah II memprediksi potensi hujan lebat terjadi di empat kecamatan di Pandeglang pada pukul 13:00 hingga pukul 16:00 WIB pada Kamis (6/10/2022).

Sebanyak 4 kecamatan yang berpotensi terjadi hujan lebat diantaranya Kecamatan Cadasari, Cimanuk, Majasari dan Kecamatan Pandeglang. 

Namun sejak pukul 7:00 WIB hingga pukul 10:00 WIB prakiraan cuaca di 4 wilayah itu cerah berawan. Bahkan hampir di semua kecamatan dari pagi hingga siang hari cerah berawan.

Akan tetapi dari pukul 13:00 hingga pukul 16:00 WIB tersebut, di 11 kecamatan diantaranya Kecamatan Carita, Cibaliung, Cigeulis, Cikeusik, Cimanggu, Labuan, Mandalawangi, Munjul, Panimbang, Saketi dan Sumur potensi hujan ringan dan sedang.

Potensi hujan ringan dan sedang tersebut diprediksi terjadi hingga pukul 19:00 WIB. Namun dari pukul 22:00 WIB cerah berawan.

Salah seorang petugas pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang, Lilis memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kewaspadaan pada musim cuaca sekarang ini.

Terutama di wilayah yang diklaim rawan bencana seperti banjir dan longsor, harus tetap menjaga kewaspadaan supaya resiko bencana bisa diminimalisir.

"Iya, sekarang sedang musim penghujan yang biasanya dibarengi dengan kilat atau petir dan angin. Maka kami himbau masyarakat untuk tetap menjaga kewaspadaan," ungkapnya, Kamis (6/10/2022).

Dalam menjaga kesiapsiagaan terhadap potensi bencana tersebut, pihaknya pun setiap harinya menyebarkan informasi prakiraan cuaca kepada masyarakat, baik melalui media sosial atau sosialisasi langsung kepada masyarakat.

"Tiap hari kami terus mengupdate informasi cuaca dari BMKG disebar kepada masyarakat, hal itu juga merupakan mitigasi bencana dalam meminimalisir resiko ketika terjadi bencana," katanya. (Samsul Fatoni).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT