PLN Bakal Putus Aliran Listrik Saat Cuaca Ekstrem, Berikut Alasannya

Selasa, 4 Oktober 2022 15:34 WIB

Share
Petugas PLN tengah memeriksa aliran listrik di wilayah yang terendam banjir akibat cuaca ekstrem hujan deras. (ist)
Petugas PLN tengah memeriksa aliran listrik di wilayah yang terendam banjir akibat cuaca ekstrem hujan deras. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - PLN terpaksa akan memutus sementara aliran listrik saat cuaca ektrem melanda seperti saat hujan deras saat ini. Hal itu dilakukan PLN sebagai upaya memastikan keamanan dan keselamatan pelanggan dalam memberikan layanan listrik.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto menjelaskan, di musim penghujan terkadang ada berbagai hal yang tidak diinginkan terjadi. Maka itu, PLN mengambil tindakan untuk keamanan dan keselamatan pelanggan. 

"Bagi PLN, keselamatan pelanggan adalah paling utama. Misalnya ketika banjir terjadi, PLN terpaksa melakukan pemutusan aliran listrik sementara untuk meminimalisir potensi yang dapat membahayakan pelanggan," katanya.

Pemutusan aliran listrik saat musim penghujan sendiri biasanya disebabkan oleh sejumlah faktor. Pertama, gardu listrik terendam air. Intensitas hujan yang tinggi bisa saja menimbulkan banjir. Tak jarang, gardu listrik juga ikut terendam air. 

Pada kondisi tersebut, maka aliran listrik mesti diputus sementara. Hal ini dilakukan demi mencegah sengatan listrik yang membahayakan pelanggan serta mencegah potensi gangguan kelistrikan yang lebih besar. 

Kedua, kabel listrik tertimpa pohon. Selain banjir, hal lain yang bisa menyebabkan aliran listrik terputus ialah pohon tumbang. 

Ketiga, curah hujan dengan intensitas yang tinggi juga berisiko terhadap tanah longsor sehingga berpotensi merubuhkan jaringan dan memutus suplai listrik.

Keempat, Saat musim penghujan disertai petir juga dapat menyebabkan gangguan distribusi listrik, sambaran petir pada trafo distribusi maupun jaringan PLN kerap kali menjadi salah satu penyebab gangguan listrik.

Lebih lanjut, Gregorius menyampaikan bagi masyarakat yang melihat potensi gangguan aliran listrik bisa menyampaikannya lewat aplikasi PLN Mobile. "Lewat PLN Mobile, kami terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan," ujarnya. 

Editor: Guruh Nara Persada
Contributor: -
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar