Pertemuan dengan Airlangga, Dilakukan Puan untuk Memastikan Dukungan Guna Berlaga di Pilpres 2024

Sabtu, 1 Oktober 2022 15:42 WIB

Share
Airlangga Hartarto dan Puan maharani. (ist)
Airlangga Hartarto dan Puan maharani. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, menuturkan pertemuan antara Ketua DPP PDIP, Puan Maharani dengan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto akan membuka kemungkinan kedua partai besar itu bekerja sama dalam Pilpres 2024

"Semuanya dalam proses penjajakan tentu saja. Sebelum janur kuning melengkung, sebelum ada yang bisa dipastikan siapa yang maju dan daftar ke KPU ya semuanya serba mungkin," kata Adi dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, (30/9/2022).

Adi mengatakan pertemuan dengan Airlangga tersebut merupakan bagian dari komunikasi politik yang dilakukan Puan untuk memastikan dukungan dan tiket guna berlaga pada Pilpres 2024. Tidak dipungkiri bahwa Puan juga membawa kepentingannya dalam pertemuan tersebut.

"Ini kan sebenarnya komunikasi politik yang dibangun oleh Puan untuk memastikan bisa maju dan bisa didukung oleh partai-partai politik yang lain. Kan inti dari komunikasi politik kan begitu. Pasti membawa kepentingan partai dan dirinya untuk bisa maju," ucapnya.

Menurutnya jika komunikasi tersebut produktif dan mencapai kesepakatan politik, maka koalisi antara PDIP dan Golkar semakin mungkin terjadi.

"Kalau PDIP, misalnya, dengan Golkar maju ya pasangannya dari PDIP dan Golkar kalau itu cocok ya koalisi terbentuk," tambahnya.

Karena itu Adi menambahkan, pertemuan Airlangga dan Puan bisa saja menghasilkan kemungkinan koalisi akan terbentuk antara KIB dan PDIP. Asalkan ada ketertarikan KIB pada PDIP dan mau mengusung Puan dalam Pilpres 2024. Begitu pun nantinya masih terbuka kemungkinan PDIP merapat ke koalisi lain seperti Gerindra-PKB atau Nasdem, PKS, dan Demokrat.

"Karena poros-poros politik ini kan sedang hampir mulai terbentuk semua. Tinggal menyisakan PDIP, mau bergabung dengan yang mana? Ke KIB, Gerindra-PKB, atau Nasdem-PKS-Demokrat yang sebenarnya sudah mulai terkonsolidasi tinggal deklarasi," ungkapnya.

Sekadar informasi, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto direncanakan bertemu Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam waktu dekat.

Rencana pertemuan ini merupakan tindak lanjut gagalnya pertemuan pada bulan lalu. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar