Kapolri Siap Terjunkan Ribuan Anak Buahnya ke Papua, Bantu KPK Usut Kasus Dugaan Korupsi Lukas Enembe

Sabtu, 1 Oktober 2022 14:21 WIB

Share
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (foto: ist)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (foto: ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan bahwa pihaknya siap membantu KPK mengungkap kasus dugaan korupsi Gubernur Papua, Lukas Enembe (LE).

Kata Listyo, sebanyak 1.800 personel Polri bakal dikerahkan jika KPK membutuhkan backup untuk usut Lukas Enembe.

"Terkait dengan kasus Lukas, kami telah siapkan 1.800 personel di Papua dan kami siap back up apabila KPK perlukan," ujar Listyo kepada wartawan, Sabtu 1 Oktober 2022.

Kemudian, Listyo juga menjelaskan, bahwasanya polri akan mendukung penuh segala tindakan KPK dalam memberantas kasus korupsi di Indonesia.

"Tentunya kami juga dukung penuh pemberantasan korupsi," tutur dia.

Sebelumnya, Deputi Pendidikan dan Eksekusi KPK, Karyoto mengatakan, pihaknya bakal berkoordinasi dengan penegak hukum setempat guna mengusut kasus itu. Sebab menurut dia, situasi di Papua terdapat perbedaan.

"Kenapa misalnya Menkopolhukam mengumpulkan para penegak hukum terkait Papua, itu memang dirasa perlu, situasi di sana agak berbeda dari yang biasanya," kata Karyoto, Selasa 20 September 2022.

"Sehingga, berbagai hal koordinasi juga kita lakukan, karena di awal memang ada yang namanya, dianggapnya bahwa tersangka LE itu hanya melakukan korupsi senilai Rp1 M dan kenyataannya, Rp 1 M memang di awal. Nanti untuk pengembangan akan banyak sekali," sambung dia. (zendy) 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar