Catat, Polda Metro Jaya Bakal Gelar Operasi Jaya 2022 Mulai Tanggal 3 - 16 Oktober

Sabtu, 1 Oktober 2022 14:12 WIB

Share
Dit Lantas Polda Metro Jaya melaksanakan Ops Patuh Jaya 2021 (foto/twitter-@tmcpoldametro)
Dit Lantas Polda Metro Jaya melaksanakan Ops Patuh Jaya 2021 (foto/[email protected])

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Polda Metro Jaya bakal menggelar Operasi Zebra 2022, untuk menertibkan pelanggar lalu lintas. Operasi itu, rencananya mulai digelar pada tanggal 3 Oktober hingga 16 Oktober 2022.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengatakan, bahwa Operasi Zebra kali ini tidak memlakukan razia di satu tempat atau stasioner dalam menindak pelanggar lalu lintas.

"Iya tidak ada seperti dahulu secara stasioner (razia di satu tempat), mengehentikan memeriksa itu tidak ada," ujar Latif saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (1/10/2022).

Lanjut Latif, adapun penindakan yang dilakukan pada operasi Zebra kali ini, yakni berpusat pada petugas yang tengah mengatur lalu lintas kemudian melihat adanya pelanggar lalu lintas.

 

Namun demikian, jika kedapatan pelanggar lalu lintas saat operasi Zebra, pihaknya juga tidak langsung melakukan tindakan tilang. Tetapi, dilihat terlebih dahulu kesalahannya.

Karena dalam operasi zebra 2022 ini tidak semua pelanggar dilakukan tilang, tetapi hanya diberi peringatan.

"Jadi misalnya ketangkap tangan ugal-ugalan tetap kita tindak secara manual. Tapi kita tidak ada penindakan hukum secara stasioner gitu. Dihentikan gitu tidak, tapi kalau ada pelanggaran secara kasat mata tentunya kami tetap melakukan penindakan juga," ucap dia.

 

Lebih lanjut, meski masih melakukan penilangan secara manual, namun pihaknya juga mengedepankan penilangan elektronik melalui kamera electronic traffic law enforcement (e-TLE).

Halaman
Reporter: Zendy Pradana
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar