Gelar Acara 'Training of Journalism', LPM Retorika Fakultas Hukum Universitas Pancasila Lakukan Kunjungan Redaksi ke Harian Poskota: Mahasiswa Siap Belajar dan Bersaing di Dunia Kerja

Sabtu, 1 Oktober 2022 12:58 WIB

Share
Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pancasila kunjungan ke Redaksi Harian Poskota. (dok poskota)
Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pancasila kunjungan ke Redaksi Harian Poskota. (dok poskota)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Pancasila (FHUP), LPM Retorika FH-KMUP yang konsen di bidang jurnalistik mengadakan kunjungan ke Redaksi Harian Poskota di Jalan Bang Pitung No.22, Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (30/9/2022).

Mahasiswa yang berjumlah 30 orang nampak terlihat aktif berdiskusi dan bertanya perihal proses produksi keredaksian Harian Poskota dari pencarian berita, penulisan berita, pemilihan berita utama, proses ediditing, lay out hingga naik cetak di koran, begitu juga dengan proses pemberitaan melalui redaksi media online www.poskota.co.id juga dijelaskan secara gamblang oleh Pemimpin Redaksi Harian Poskota, Tatang Suherman.

"Perkembangan industri media saat ini sangat masif terutama media online, poskota saat ini telah melakukan transformasi digital, jadi korannya yang sudah lama berdiri ini juga ditunjang dengan kehadiran media onlinenya yang update dan memenuhi pasar, memenuhi keinginan masyarakat terkait informasi-informasi yang bermanfaat, akurat dan berimbang," tutur Tatang Suherman, saat menggelar tanya jawab bersama Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pancasila.

Bebi, mahasiswa semester pertama FHUP ini bertanya apakah proses pemilihan berita itu setiap hari dilaksanakan dan bagaimana mekanismenya di Redaksi Harian Poskota soal penentuan berita-berita penting tersebut.

"Untuk penentuan pemberitaan HL atau Headline begitu pula dengan Banner halaman utama atau halaman depan akan dilakukan rapat redaksi setiap sore hari. Semisal ada 7 berita menarik dalam satu hari, maka akan dipilih menjadi 3 berita utama untuk dijadikan kandidatnya untuki halaman depan semisal soal berita penahan tersangka Putri Chandrawati, Judi Online dan Lesti Kejora yang mengalami KDRT," jawab Tatang Suherman.

Tatang Suherman juga mengatakan dengan kunjungan redaksi dari Mahasiwa FHUP ini diharapkan mahasiswa mampu memahami dunia kerja dan keahlian di bidangnya masing-masing.

"Kedepannya mahasiswa siap belajar dan mampu bersaing atau memiliki tantangan di dunia kerja mendatang setelah lulus dari bangku kuliah dan kami juga bisa memberikan kontribusi yang terbaik untuk dunia pendidikan melalui kerjasama antara industri media dan pihak kampus," tegas Tatang Suherman.

Ketua Pelaksana 'Training of Journalism, Raden Bintang mengatakan acara ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 29-30 September 2022.

"Hari Pertama diadakan di kampus dengan berbagai materi soal jusrnalistik seperti teknik wawancara, teknik penulisan, fotografi dan lain sebagainya, lalu hari kedua diadakan kunjungan Redaksi ke Harian Poskota. Saya berharap di kegiatan ini para peserta dapat menjadi jujur dan kritis dalam memahami perkembangan media di era digital karena setiap hari kita diperkenalkan dengan teknologi terbaru dan arus informasi global," ucap Bintang.

Raden Bintang juga berterima kasih atas kunjungan yang diterima baik oleh jajaran Harian Poskota.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar