Dosen Universitas Pancasila Melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat di SMP N 8 Jakarta

Senin, 26 September 2022 14:21 WIB

Share
Dosen Universitas Pancasila melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMP N 8 Menteng Jakarta. (foto: ist)
Dosen Universitas Pancasila melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMP N 8 Menteng Jakarta. (foto: ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Perkembangan teknologi komunikasi menjadikan tantangan bagi para pendidik baik di tingkat sekolah maupun universitas. Proses pembelajaran di institusi Pendidikan juga mesti beradaptasi terhadap perubahan teknologi sehingga para guru mampu menggunakan teknologi komunikasi dalam proses pembelajaran di sekolah.

Guna untuk meningkatkan keterampilan para pendidik, 3 dosen Universitas Pancasila melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMP N 8 Menteng Jakarta sebagai implementasi Tridarma Perguruan Tinggi. Tiga dosen yang menjadi tim PKM ini adalah Muhamad Rosit, Eko Djuniarto dan Sanjaya Pinem. 

Kegiatan pengabdian ini melibatkan para Guru. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi media pembelajaran melalui virtual reality para guru SMP N 8 Menteng Jakarta. 

Para guru diharapkan memiliki kreatifitas dan inovasi dalam pembelajaran kepada siswanya sehingga secara teoritik dan praktis siswa bisa memahaminya dan menerima proses pembelajaran secara menyenangkan. 

Pengabdian ini dilaksanakan dua kali yaitu pengabdian pertama dilaksanakan pada tanggal 11 Juli 2022 dan pengabdian kedua dilaksanakan tanggal 23 September 2022. 

Mewakili SMP N 8 Jakarta, Umar Panuju, yang juga sebagai Kepala Sekolah mengatakan, bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh Dosen Universitas Pancasila ini sangat bermanfaat untuk para guru sehingga literasi digital dan virtual reality langsung bisa dipraktikkan kepada anak siswanya masing-masing. 

Sementara itu, Hariyanto, mewakili para Guru SMP N 8 Jakarta mengatakan bahwa kegiatan ini menambah keterampilan para guru sehingga memiliki model pembelajaran yang lebih atraktif.

Sementara Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila, menekankan bahwa materi literasi digital dan virtual reality sangat membantu para guru dalam berkreasi dalam dunia pembelajaran. 

"Sehingga para siswa di SMP N 8 Menteng Jakarta semakin mudah dan senang dalam menerima pembelajaran dari guru-gurunya.” Pungkas Muhamad Rosit. (*) 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar