Gadis Remaja Digigit Anjing Kelaparan Seminggu Tak Diberi Makan, Kriminolog: Pemiliknya Harus Bertanggung Jawab!

Sabtu, 1 Oktober 2022 20:42 WIB

Share
Anjing Pitbull. (Foto: Istockphoto/dageldog)
Anjing Pitbull. (Foto: Istockphoto/dageldog)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Seorang bocah berinisial F (13) digigit seekor anjing yang ditelantarkan pemiliknya di kawasan Jalan Apel, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. Rupanya,  anjing itu tak diberi makan oleh pemiliknya selama satu minggu.

Pakar Kriminolog asal Universitas Indonesia, Josias Simon mengatakan, seharusnya jika seekor anjing tersebut merupakan hewan peliharaan, pemiliknya harus memberikan tempat khusus atau kandang di rumahnya.

"Kalau emang anjing peliharaan, harus ada tempat yang memadai untuk anjing itu tidak berkeliaran bebas dan tidak mengganggu pihak lain," ujar Josias saat dikonfirmasi, Sabtu (1/10/2022).

Ia juga menjelaskan, pemiliknya juga harus bertanggung jawab dalam mengurus seekor hewan peliharaan. Pemiliknya juga harus memikirkan bagaimana respon masyarakat jika dirinya memiliki hewan peliharaan.

"Jadi kalau emang anjing peliharaan pasti ada upaya yang cukup agar tidak mengganggu publik atau orang yang jalan dan lewat situ," kata Josias.

Namun demikian, lanjut Josias, peran warga sekitar pun sangat dibutuhkan. Jika memang kedapatan ada hewan peliharaan atau hewan liar yang sekiranya mengganggu aktifitas sebaiknya di laporkan ke pihak setempat.

"Jadi satu sisi, dia (pemilik hewan) juga harus melihat akibat kalau ada orang yang terganggu bahkan sampai digigit. Itu harusnya bagian dari bagaimana si pemilik menjaga anjing pemeliharaan," ucap dia.

"Dan korban kalau memang tidak dapat tanggung jawab dari pemilik, kemudian bisa menyampaikan kepada pihak yang bisa lingkungan setempat apakah aparat kelurahan setempat atau warga setempat. Mulai dari RT dan RW. Kalau gak bisa teratasi baru ke pihak berwajib," sambung Josias.

Seperti diberitkan sebelumnya, seorang anak perempuan berinisial F (13) digigit seekor anjing saat berjalan di Jalan Apel, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. Anjing itu diduga beringas lantaran belum diberi makan oleh pemiliknya selama kurang lebih seminggu.

"Anjing ditinggalkan pemilik, tidak diberi makan selama satu minggu, sehingga anjing menjadi beringas dan tidak terkendali, sehingga menggigit anak kecil," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang Abdul Munir dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (1/10/2022).

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar