ADVERTISEMENT

Jatuh Bangun Buka Kedai Kopi, Awalnya Dijual dari Teman ke Teman, Kini Raup Keuntungan 1 Hingga 3 Juta Per Hari

Jumat, 30 September 2022 19:12 WIB

Share
UMKM bernama Instict Coffiee.(Foto: CR01)
UMKM bernama Instict Coffiee.(Foto: CR01)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kopi menjadi minuman favorit banyak orang. Tak heran, kini banyak pengusaha memilih untuk membuka kedai kopi. 

Persaingan usaha pun makin ketat. Karena itu, perlu sebuah terobosan agar mampu bersaing dengan pengusaha kedai kopi lainnya. 

Seperti yang dilakukan pemilik UMKM bernama Instict Coffiee ini. Agar tempatnya khas dan tak dilupakan para pengunjung, ia menyajikan berbagai varian kopi yang membedakan dengan tempat lain. 

Instinct Coffee memiliki makna yang berarti sebuah rasa khas dalam meracik kopi. Mulai dari pemilihan bahan hingga meraciknya.

Usaha tersebut dirintis sejak tahun 2020 berawal dari home industri. Hingga kini sudah memiliki beberapa kedai. Salah satunya di Jalan Pulo Kenangan Raya, No 18 Kebayoran Lama, Grogol Utara.

Owner Instinct Coffee, Nawaz Sofyan menerangkan usahanya itu dibangun dari kegigihannya membuat sebuah wirausaha dengan modal minim di tahun 2020. Tepatnya  saat pademi Covid-19 sedang melanda. 

“Awalnya saya merintis usaha tersebut hanya untuk coba-coba saja. Di masa pandemi waktu itu saya sedang dirumahkan dari  perusahaan. Makanya saya secara otodidak belajar sedikit demi sedikit untuk paham akan proses pembuatan kopi,” ucapnya saat di temui di tempat usahanya, Rabu (28/9/2022)

Dengan berjalannya waktu, sang owner mulai menguasai proses dalam pembuatan kopi. Kemudian ia memberanikan diri dengan membuat percobaan yang dijual ke teman-temannya.

“Jadi memang sebelumnya udah membeli alat kopinya, coba-coba meracik dan jual ke temen-temen. Ternyata respon teman-teman bagus. Dari situ kita jual dalam bentuk botol dulu, dengan botol ukuran 500 ml,” jelasnya.

Ayah satu anak ini saat merintis, ia belajar meresearch tentang kalibrasi takeran dalam mencampurkan bahan-bahan kopi.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT