Beri Bantuan, DPR Dorong Pemprov DKI Beri Hunian Layak untuk Korban Kebakaran Cikini

Jumat, 30 September 2022 16:10 WIB

Share
Fraksi Demokrat saat memberikan trauma healing pada anak-anak terdampak kebakaran di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. (foto: poskota/aldi)
Fraksi Demokrat saat memberikan trauma healing pada anak-anak terdampak kebakaran di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. (foto: poskota/aldi)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Melani Leimena Suharli turut menyalurkan bantuan bagi korban kebakaran di Jalan Cikini Kramat, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 30 September 2022.

"Alhamdulillah, bantuan banyak berdatangan untuk korban kebakaran di Cikini ini, termasuk dari kami Partai Demokrat. Selanjutnya, kami harap Pemprov bisa membangun kembali perumahan warga dengan melibatkan banyak pihak," ujar Melani biasa disapa, Jumat 30 September 2022.

Dalam kesempatan ini, Melani yang juga Wakil Penasihat Kadin DKI Jakarta ini juga turut mendorong Pemprov DKI Jakarta untuk menerapkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 31 Tahun 2022 tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Wilayah Perencanaan di lokasi kebakaran tersebut. 

Hal senada juga dikatakan, Ketua DPD Partai Demokrat DKI Mujiyono, menurutnya, Pemprov DKI harus bisa menerapkan Pergub RTDR 2022 itu di lokasi kebakaran. Sehingga, masyarakat korban kebakaran bisa memiliki permukiman yang layak, terjangkau, dan berdaya. 

"Apalagi dalam Pergub itu diatur rumah warga bisa dibuat empat lantai. Kalau semua diajak bicara, ada konsolidasi tanah, bisa memungkinkan satu rumah untuk multi keluarga. Dan lahan lainnya biar untuk ruang publik, taman dan lainnya, sehingga bisa mencegah adanya kebakaran lagi," kata Mujiyono.

Bantuan untuk Korban Kebakaran di Jalan Cikini ini diterima langsung secara simbolis oleh Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma. Sejumlah kader Demokrat Jakarta juga membantu petugas BPBD DKI Jakarta untuk memberikan trauma healing bagi anak-anak terdampak kebakaran. 

Sementara itu, Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta, Ali Muhammad Johan C juga mendorong kepada Pemerintah DKI untuk dapat membantu pembuatan dokumen atau surat-surat yang habis dilahap si jago merah.

"Insha Allah, aparat pemerintah sigap membantu pembuatan dokumen warga yang terbakar, mempermudah pembuatan identitas kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK) serta lainnya," kata Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta, Ali Muhammad Johan C.

Diketahui, pemukiman warga di Jalan Cikini Kramat RW 001, Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat habis dilalap si jago merah pada Selasa (27/9/2022) sekitar pukul 04.35 WIB. 

Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta menurunkan 17 unit mobil pemadam kebakaran dengan jumlah 85 personel. Sedikitnya, 30 rumah semi permanen yang terbakar, ada 75 kepala keluarga yang terdampak peristiwa kebakaran akibat bocornya selang kompor gas dari dapur rumah warga itu. (aldi)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar