ADVERTISEMENT

Menjiwai Pancasila

Kamis, 29 September 2022 06:30 WIB

Share

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

“Menjiwai Pancasila sepenuh hati, bukan setengah hati. Pancasila tak menjadi teks mati di atas kertas dan lembaran menempel di dinding. Bukan semata - mata hafalan anak sekolah dan bagian dari seremonial belaka..” -Harmoko-
 
Di negara manapun, potensi disintegrasi tetap ada dan akan selalu ada. Lebih – lebih negeri kita yang sejak awal kelahirannya sudah penuh dengan keberagaman suku, agama dan adat budayanya. Namun, keberagaman ini di sisi lain menjadi perekat kesatuan dan persatuan sebagaimana telah dibuktikan dalam sejarah perjuangan bangsa.

Alat perekatnya, tak lain Pancasila sebagai ideologi, landasan dan falsafah hidup bangsa yang mampu menyatukan keberagaman dalam bingkai NKRI.

Berbagai peristiwa telah mewarnai perjalanan sejarah bangsa semenjak Proklamasi 17 Agustus 1945 hingga saat ini. Pancasila pun telah berulang kali teruji sebagai Dasar Negara tidak pernah sekalipun tergoyahkan.
Itulah satu makna kesaktian Pancasila yang telah kita resapi, cermati dan dalami sebagai momen penting dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan negara.

 

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila (1 Oktober) tahun ini menjadi momen penting, bagaimana kita kembali merenung kepada diri sendiri, sudahkah mengamalkan nilai – nilai luhur jati diri bangsa kita, sudahkah mengaplikasikannya dalam dalam kehidupan sehari – hari.

Hening merenung berarti berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, mengoreksi diri sendiri dengan penuh kejujuran dan keikhlasan, kemudian memahami peran kita masing - masing di semesta ini dan memperbaiki apa yang kurang baik untuk kemajuan NKRI. 

Dalam hal menyongsong hajat besar pemilu serentak 2024, dengan harapan saat pesta demokrasi digelar, semua pihak tetap berpegang teguh menjalankan Demokrasi Pancasila yang berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan serta Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

 

Terdapat 36 butir sikap dan perilaku yang wajib menjadi rujukan dalam menjalankan praktik politik, mulai dari membangun komunikasi politik, sosialisasi, manuver hingga sasaran target.

Mencermati dinamika politik belakangan ini, terdapat kegalauan dari sementara kalangan dengan kian merebaknya politisasi identitas yang berbau SARA masuk atau terseret, bisa jadi sengaja diseret- seret ke dalam ranah politik praktis.

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT