ADVERTISEMENT

Lesti Kejora Laporkan Rizky Billar ke Polisi karena KDRT, Kriminolog Sebut Ada Kekerasan Seksual yang Berulang

Kamis, 29 September 2022 22:54 WIB

Share
Lesti Kejora dan Rizky Billar. (ist)
Lesti Kejora dan Rizky Billar. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pedangdut Lesti Kejora laporkan sang suami Rizky Billar ke Polres Metro Jakarta Selatan terkait adanya dugaan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Merespon hal tersebut, Kriminologi asal Universitas Indonesia, Josias Simon mengatakan, bahwa persoalan kekerasan seksual terhadap seorang perempuan memang wajib diperhatikan dalam sisi hukum pidana.

"Sampe tahap itu (kekerasan seksual) yang kemudian di laporkan dengan sekarang trendnya untuk kasus kekerasan seksual kepada KDRT harus dapet perhatian dari pihak hukum ya," ujar Josias saat dikonfirmasi, Kamis (29/9/2022).

"Nah jadi untuk saat ini itu kasusnya selebritis ya kalo umum pun sama harus seperti itu melihat kasus-kasus terkait dengan kekerasan seksual berdalih KDRT," lanjutnya.

Selanjutnya, kata Josias, kasus kekerasaan seksual itu terdapat unsur yang merugikan bagi pihak perempuan.

Pasalnya, ada tindakan verbal yang dilakukan pihak laki-laki.

Karena setiap kasus kekerasaan dalam rumah tangga itu pasti dilakukan secara berulang, sehingga pihak Lesty akhirnya melaporkan Rizky Billar.

"Umumnya itu kan akumulasi dan persoalannya adalah sejauh mana akumulasinya, yang menjadi persoalan karena satu sisi kalau emang pelapornya itu setiap perempuan itu korbannya dan korbannya itu mungkin awalnya verbal melawan fisik, yang kemudian merugikan pihak perempuan," ucap Josias.

Namun demikian, dengan kasus Lesty Kejora dengan Rizky Billar ini, Josias menduga ada unsur pemanfaatan harta dari salah satu pihak.

"Dan kemudian pada tahap laporan yang mengarah ke perceraian atau terkait dengan pisah hubungan. Jadi kalau saya memang tidak terlalu detail terkait selebritis mungkin ada sisi pemanfaatan," tutur dia.

Kendati demikian, motif tersebut tetap harus di dalami terlebih dahulu motifnya.

Karena dengan dugaan motif tersebut muncul keputusan perceraian.

"Ini luas ya, nggak bisa kita pukul rata, bahwa memang selebritis itu dunia yang dibilang cukup tinggi ekonominya dan pemenuhan kebutuhannya itu bagaiamana cara dapetinnya, yang seringkali jadi persoalan. Itu gak selalu kepada dirinya ya tapi bisa ke keluarganya, itu yang kemudian ada persoalan timbul dari situ terjadi kesepakatan pengurangan atau terjadi perbedaan satu seleb yang satu tidak," tukas dia.

Sebelumnya, Lesti Kejora melaporkan suaminya, Rizky Billar ke Polres Metro Jakarta Selatan.

Ia melaporkan sang suami atas dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Seksi (Kasi) Humas Polda Metro Jakarta Selatan AKP Nurma.

Dia menjelaskan, Lesti telah membuat laporan dugaan KDRT pada Rabu (28/9/2022).

"Iya betul semalam, saudara LK sudah melaporkan kasus yang dialaminya," kata AKP Nurma Dewi saat ditemui di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis (29/9/2022).

"Laporan saudari LK adalah KDRT yang dialaminya, menurut beliau pelakunya adalah suaminya," tandasnya. (zendy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT