Dukung Ekosistem Go Digital, Ratusan Pelaku UMKM Jakarta Timur Dilatih Naik Kelas

Kamis, 29 September 2022 16:58 WIB

Share
Foto : Pemkot Jakarta Timur dan Danone Indonesia melakukan kick off pelatihan UMKM di Saung Interaktif, Jakarta Timur. (Ist.)
Foto : Pemkot Jakarta Timur dan Danone Indonesia melakukan kick off pelatihan UMKM di Saung Interaktif, Jakarta Timur. (Ist.)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Indonesia bersinergi dengan TP PKK dan Dekranasda Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melaksanakan kick off Program Pendampingan dan Pelatihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) atau program ‘Damping' yang berlokasi di Saung Interaktif, Jakarta Timur.

Acara ini berlangsung secara hybrid, diikuti oleh lebih dari 250 peserta melalui zoom online dan peserta secara offline di saung interaktif wilayah kantor Walikota Jakarta Timur.

Saung Interaktif merupakan dukungan Danone Indonesia pada program Damping untuk Kota Administrasi Jakarta Timur yang bertujuan mendorong UMKM lokal agar lebih maju serta memiliki wadah yang lebih dekat untuk belajar ilmu bisnis.

Danone Indonesia bersama Kampus Bisnis Umar Usman melalui program Damping terus berkomitmen untuk melakukan pembinaan dan pendampingan UMKM, meningkatkan literasi dan inklusi keuangan UMKM, serta mendukung ekosistem UMKM menuju Go Digital.

Acara kickoff hari ini dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Administrasi Jakarta Timur, Ahmad Salahudin mewakili Walikota Jakarta Timur.

“Pemerintah Jakarta Timur mengucapkan terimakasih kepada Danone Indonesia dan Kampus Bisnis Umar Usman yang telah berinisiasi mengadakan program saung interaktif untuk masyarakat pelaku usaha di wilayah Jakarta Timur. Ini selaras dengan 3 program prioritas walikota Jakarta Timur yang salah satunya merupakan program pemulihan ekonomi masyarakat usai pandemi Covid-19. Kami berharap bapak dan ibu bisa memanfaatkan fasilitas yang ada, serta saling berinteraksi untuk menuju bisnis yang lebih baik dan banyak melakukan inovasi,” ucap Salahudin.

Hadir pula dalam acara ini Sr. Manager Sustainable Development Danone Indonesia, Arif Wahyudin dan Direktur Kampus Bisnis Umar Usman, Lily Zulaiha, selaku mitra Kerjasama Danone untuk program Damping. Arif mengatakan bahwa Program Damping merupakan komitmen Danone Indonesia kepada para UMKM untuk membantu mereka berkembang.

“Program Damping ini telah kami laksanakan dalam rangkaian series tak terkecuali di tahun ini yang menjadi momentumkebangkitan ekonomi para UMKM. Kami berharap dengan adanya program Damping di Saung Interaktif ini dapat mendukung target pemerintah meningkatkan rasio kewirausahaan pada tahun 2024, dengan cara melakukan pendampingan dan pelatihan seperti ini untuk mendorong UMKM naik kelas. Dengan para pelaku ekonomi yang semakin sejahtera, diharapkan hal ini dapat membawa kesejahteraan dalam aspek kesehatan ataupun lingkungan disekitarnya yang sejalan dengan fokus kami di Danone Indonesia,” papar Arif.

Sementara itu Direktur Kampus Bisnis Umar Usman pun menambahkan bahwa melalui peningkatan kesejahteraan UMKM tentunya dapat meningkatkan pula pemerataan ekonomi di Indonesia, mengingat bahwa saat ini porsi terbesar pelaku bisnis di Indonesia adalah kelompok UMKM. “Dengan adanya pendampingan selama 3 bulan di akhir tahun 2022 ini, kami berharap bapak ibu sebagai pelaku usaha juga akan semakin siap menghadapi tahun 2023 dengan lebih baik, mencapai target, serta lebih terarah,” ungkap Lily.

Rangkaian kegiatan kick off Program Pendampingan dan Pelatihan UMKM Jakarta Timur diisi dengan penyampaian materi dan diskusi dari salah satu coach pendampingan yaitu Coach Rully Bhaskara. Program pendampingan dan pelatihan di Saung Interaktif ini akan dilaksanakan selama 3 bulan kedepan dengan 6 kali sesi training langsung bersama coach bersertifikasi. Selain itu peserta juga memiliki banyak kesempatan untuk bersinergi dan mendapatkan fasilitas pendukung bisnis lainnya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar