ADVERTISEMENT

Diduga Pasok Amunisi untuk KKB Ketua KNPB Ditangkap, Ini Kronologinya

Minggu, 25 September 2022 14:50 WIB

Share
Pasukan KKB Papua
Pasukan KKB Papua

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) di Timika, Kabupaten Mimika, Papua,  berinisial YA ditangkap polisi Jumat (23/9) pukul 20.00 WIT.  YA diduga jadi pemasok senjata bagi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Penangkapan terhadap terhadap YA merupakan hasil pengembangan dari dua anggota KNPB yang sebelumnya ditangkap di Timika.

"Ada dua anggota KNPB yang ditangkap sebelumnya. Keduanya merupakan anggota KKB kelompok Intan Jaya yakni, MK dan BK," kata Dirkrimum Polda Papua Kombes Pol Faizal Rahmadani kepada wartawan, Sabtu (24/9).

Pertama, MK ditangkap  di kawasan Djayanti, pada Kamis (22/9) bersama 113 butir amunisi berbagai kaliber dan satu airsoft gun jenis revolver.

 

Amunisi yang diamankan itu terdiri dari 95 butir amunisi kaliber 5,56 mm dan 18 butir amunisi V2 sabhara karet. Kemudian, polisi kembali menangkap BK di kawasan SP 5 pada Jumat (23/9) siang pukul 11.00 WIT.

"Jadi penangkapan terhadap Ketua KNPB Timika berinisial YA. Di mana dari hasil pemeriksaan terungkap amunisi itu diperoleh dari YA. Belum dipastikan dari mana YA mendapatkan amunisi tersebut," ujar dia.

Penangkapan itu dilakukan atas dugaan keterlibatan Ketua organisasi pergerakan Papua merdeka itu berperan sebagai pemasok amunisi ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Ketua KNPB Timika YA ditangkap terkait dugaan keterlibatan pemasokan amunisi untuk KKB yang saat ini masih diperiksa penyidik di Polres Mimika di Timika," ujar Faizal.(tri)

ADVERTISEMENT

Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT