Siap Pantau 24 Jam, Dirlantas Polda Metro Jaya Bakal Tambah 70 Kamera ETLE di Jakarta

Kamis, 22 September 2022 15:23 WIB

Share
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman.(Poskota/Adam)
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman.(Poskota/Adam)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan menambah 70 titik Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di sejumlah ruas jalan protokol di Jakarta pada 2023 mendatang.

"Jadi di tahun 2023 ini ada 70 titik lagi yang akan ditambahkan. Wilayah Jakarta Raya ini kan 1x24 jam ada aktifitas masyarakat, jadi kamera ETLE ini akan dipasang menyeluruh," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Latif menjelaskan, 70 kamera ETLE tersebut akan dipasang mulai dari jalan protokol hingga ruas jalan penyanggah menuju Jakarta.

Nantinya, 70 ETLE itu memiliki jenis ETLE statis yang bekerja secara otomatis menggunakan sistem artificial itelligence (AI), guna menindak pelanggar lalu lintas yang luput dari pengamatan petugas .

Untuk diketahui, saat ini ada sekitar 98 titik ETLE yang sudah terpasang di Jakarta.

Seluruh ETLE di Jakarta masih berstatus statis alias stasioner.

Latif berharap, dengan adanya penambahan titik-titik ETLE, kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas bisa meningkat.

Serta para aparat kepolisian yang bertugas di lapangan bisa bekerja secara transparan.

"Diharapkan betul-betul transparansi dalam hal penindakan hukum bisa dirasakan oleh masyarakat. Dan secara internal terhadap kami, tidak terjadi suatu pelanggaran yang dilakukan oleh anggota dalam penegakan hukum ini. Ini yang akan kita kembangkan terus," pungkasnya.

(*)

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar