Pimpinan DPRD Desak Anies Baswedan Untuk Hadir di Rapat Paripurna Pengumuman Permberhentian Gubernur dan Wagub DKI

Senin, 12 September 2022 18:20 WIB

Share
Pimpinan DPRD minta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan datang pada rapat paripurna Selasa (13/9/2022).(Foto:Aldi)
Pimpinan DPRD minta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan datang pada rapat paripurna Selasa (13/9/2022).(Foto:Aldi)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Fraksi Gerindra mendesak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk dapat menghadiri rapat paripurna (rapur) pengumuman pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta pada Selasa (13/9/2022) besok.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Rany Mauliani di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (12/9/2022).

"Kalau itu, beliau harusnya hadir, ya. Secara hari itu kami mau mengumumkan soal beliau. Tapi, kalau enggak datang, itu hak dia sendiri. Maka, dorong saja supaya datang," ujar Rany.

Rany membeberkan, rapat paripurna ini merupakan implementasi dari Surat Edaran Nomor 131/2188/OTDA Kemendagri terkait Usul Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Yang Masa Jabatan Berakhir Pada Tahun 2022.

Dalam rapat paripurna tersebut, DPRD melampirkan risalah dan berita acara. Pelaksanaan rapat paripurna dimaksudkan untuk penyampaian usulan oleh pimpinan DPRD kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) guna mendapatkan penetapan pemberhentian.

"Jadi, pengumuman masa akhir gubernur itu 30 hari sebelum masa tugas berkahir. Jadi, hanya menjalankan mekanisme yang ada, sih," katanya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sudah merespons soal rencana rapat paripurna pengumuman pemberhentiannya. 

Anies mengatakan, dirinya taat aturan dengan mengikuti skema kepala daerah yang habis masa jabatan pada tahun ini.

"Yang jelas bahwa proses yang terjadi di Jakarta itu dialami oleh semua provinsi, semua kabupaten/kota yang periodenya berakhir pada 2022," kata Anies di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Kamis (1/9/2022) lalu. 
 

 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar