ADVERTISEMENT

Cegah Kekeringan, Warga Dusun Macan Mati, Gunung Kidul Disalurkan Bantuan Air Untuk Kehidupan

Rabu, 7 September 2022 14:56 WIB

Share
Foto : Warga Dusun Macan Mati, Gunung Kidul Disalurkan Bantuan Air Untuk Kehidupan.(Ist.)
Foto : Warga Dusun Macan Mati, Gunung Kidul Disalurkan Bantuan Air Untuk Kehidupan.(Ist.)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

YOGYAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Guna mencegah kekeringan musim kemarau, masyarakat Gunungkidul mengandalkan air tadah hujan yang mereka tampung selama musim penghujan tiba. Bantuan Air Untuk Kehidupan (AUK) pada masyarakat Dusun Macan Mati, Panggang, Gunungkidul, Jawa Tengah. Sahabat, air untuk masyarakat Gunungkidul merupakan aset yang sangat berharga.  

Pada tahun 2021 DMC Dompet Dhuafa datang melakukan assesment untuk melihat adakah potensi air yang dapat termanfaatkan. Dan pada akhirnya mereka menemukan ada satu kondisi yang mana pada Dusun ini terdapat potensi air yang dapat termaksimalkan kegunaanya oleh masyarakat.

Di Dusun ini terdapat Goa dengan kedalaman lebih dari 200 meter yang mana memiliki kubik air bersih yang tinggi. Awal mulanya pada tahun 2021 ketika DMC Dompet Dhuafa datang mereka menemukan 3 kubangan air yang memiliki diameter dan kedalaman yang berbeda.

Namun setelah ada assesment terhadap potensi air tersebut, terpilihlah air pada kubangan ketiga karena memiliki diameter dan kedalaman paling besar. Pada kubangan tersebut terpasang pompa yang nantinya terambil airnya dan dapat tertampung pada penampungan air bervolume 5.000 Liter sejumlah dua buah.

Kubangan dalam Goa adalah sumber mata air yang terkumpul menjadi satu airnya. Biasanya air ini masyarakat gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dengan harus melewati bebatuan terjal yang medannya naik turun. Tak hanya itu masyarakat harus masuk ke bawah menyusuri goa yang gelap untuk mendapatkan air.

Sehingga bantuan air untuk kehidupan (AUK) berupa pompa air dan juga pipanisasi tersebut menjadi jalan keluar dari permasalahan yang mereka hadapi setiap tahunya. Tak hanya itu harapanya air itu nanti akan tersalurkan pada masyarakat sekitar dengan melakukan pipanisasi ke rumah-rumah warga.

"Untuk saat ini air telah tersalur pada 2 RT Dusun Macan Mati, harapanya nanti dapat melaksanakan pipanisasi lagi untuk masyarakat pada RT lain. Karena adanya air kehidupan dari dompet dhuafa ini menjadi hal sangat masyarakat tunggu oleh masyarakat untuk keluar dari kekeringan menahun," ujar Ngajirno selaku komite air Dusun Macan Mati dalam siaran pers yang diterima Dompet Dhuafa Rabu (7/9/2022).

Program air untuk kehidupan ini  berkelanjutan. Yang mana tujuannya adalah tidak hanya mengambil air dari alam. Namun juga menjaga dan merawat alam untuk terus dapat diambil manfaatnya oleh masyarakat.

Maka dari itu terbentuklah tim konservasi dan tim komite air dari masyarakat setempat yang tugasnya adalah menjaga alam tetap seimbang. Sehingga air yang terambil tidak mudah habis dan dapat termanfaatkan sampai anak cucu nantinya.

Melihat kenyataan tersebut, Dompet Dhuafa Jogja bermaksud untuk mengajak sahabat mensukseskan dalam program Air untuk Kehidupan untuk menghadirkan sumber air bersih baru bagi wilayah Gunungkidul melalui tautan berikut https://kemanusiaan.org/campaign/wakaf-sumur-dipedalaman-gunungkidul.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT