Rusia: Gunakan Mata Uang Nasional, Tinggalkan Dolar

Rabu, 31 Agustus 2022 08:00 WIB

Share
Tidak lagi menggunakan dolar (Sumber ilustrasi: Unsplash/Gabriel Meinert)
Tidak lagi menggunakan dolar (Sumber ilustrasi: Unsplash/Gabriel Meinert)

EURASIA, POSKOTA.CO.ID - Prakarsa penghapusan dolar dan penggunaan mata uang nasional disampaikan Rusia.

Mata uang nasional Kazakhstan, Armenia, dan Kirgiztan dapat digunakan dalam transaksi perdagangan antar negara zona Eurasia.

Russia Today pada Minggu (28/8/2022) melaporkan Rusia mengusulkan agar negara-negara anggota Uni Ekonomi Eurasia harus lebih banyak menggunakan mata uang nasional dalam transaksi perdagangan mereka untuk memperkuat keberadaan mata uang nasional dalam kegiatan ekonominya.

Penggunaan mata uang nasional Kazakhstan, Armenia, dan Kirgiztan akan menggantikan dolar untuk digunakan dalam transaksi perdagangan antara negara Uni Ekonomi Eurasia menurut dokumen yang disajikan pemerintah Rusia.

Saat ini 74 persen perdagangan antara negara ini dilakukan dalam mata uang nasional. Dari jumlah tersebut setengahnya menggunakan rubel Rusia.

Sebelumnya Ketua Forum Internasional BRICS Purnima Anand mengumumkan transaksi perdagangan antara India dan Rusia tidak perlu lagi menggunakan dolar.

Hal ini terjadi sejak diterapkannya sistem pembayaran transaksi perdagangan antara India dan Rusia dengan mata uang nasional. ***

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar