Jatuhnya Pemerintahan Afghanistan ke Tangan Taliban, Ini Kata Eks Komandan CENTCOM

Senin, 29 Agustus 2022 22:00 WIB

Share
Kenneth Franklin McKenzie Jr
Kenneth Franklin McKenzie Jr

AFGHANISTAN, POSKOTA.CO.ID - Perang di Afghanistan adalah kegagalan empat periode pemerintah Amerika Serikat dalam dua dekade terakhir.

Hal ini diakui mantan komandan CENTCOM Jenderal Kenneth Franklin McKenzie Jr.

Perjanjian Perdamaian Afghanistan atau Perjanjian Doha Qatar ditandatangani pada 29 Februari 2020 antara Amerika Serikat dan Taliban.

Perjanjian yang ditandatangani antara Utusan Khusus AS Urusan Afghanistan Zalmay Khalilzad dan para pemimpin Taliban di Doha Qatar menyebabkan Amerika Serikat meninggalkan Afghanistan.

Sebagian besar tokoh dan orang Afghanistan percaya bahwa kepergian tentara Amerika Serikat yang cepat dan mencurigakan telah menyebabkan jatuhnya pemerintah Kabul dan kekuasaan Afghanistan diambil Taliban.  

Jenderal Kenneth Franklin McKenzie Jr menyebut kegagalan ini sebagai kombinasi dari kegagalan militer dan diplomatik.

Alasan kegagalan Amerika Serikat di Afghanistan adalah karena tetangga Afghanistan, Pakistan, tidak pernah percaya bahwa Amerika Serikat akan tetap tinggal tetapi selalu berpikir bahwa Amerika Serikat akan pergi.

Dia mengklaim bahwa Taliban selalu memiliki tempat berlindung yang aman di Pakistan.

Sementara Washington tidak pernah mampu memecahkan masalah dalam dua dekade yang disebut perang melawan teror atau mencapai kesepakatan dengan Islamabad.

Jenderal Kenneth Franklin McKenzie Jr menilai kelompok ekstremis yang dilindungi Taliban akan menciptakan bahaya baru bagi kepemimpinan Amerika Serikat di masa depan. ***

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar