ADVERTISEMENT

Keras! Politisi Demokrat Minta Menko Polhukam Menonaktifkan Kapolri, Benny K Harman: Masyarakat Dibohongi dalam Kasus Brigadir J

Senin, 22 Agustus 2022 14:13 WIB

Share
Anggota Komisi III DPR Benny K Harman .(tangkap layar)
Anggota Komisi III DPR Benny K Harman .(tangkap layar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID  - Anggota Komisi III DPR  Benny K Harman berharap  Kapolri Listyo Sigit Prabowo agar dinonaktifkan dalam penanganan kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

"Mestinya Kapolri diberhentikan sementara diambil alih oleh Menko Polhukam untuk menangani kasus ini supaya objektif dan transparan," katanya dalam rapat bersama Komnas HAM, Kompolnas, dan LPSK di Komisi III DPR, Senayan,  Senin (22/8/2022).

Politisi Demokrat ini meminta pengambilalihan tersebut karena masyarakat telah dibohongi oleh Polri dalam pengusutan kasus pembunuhan Brigadir J.  

Benny meminta agar nama jenderal yang bakal mundur jika Sambo tidak menjadi tersangka dibuka ke publik. Setelah itu, Benny juga berbicara mengenai keterangan polisi mengenai kasus Brigadir J yang tidak dipercaya publik.

"Sudah betul Pak Mahfud ada tersangka baru yang penting siapa, kan gitu, Pak, kita nggak percaya polisi, polisi kasih keterangan kepada kita publik, publik kita ditipu kita ini kan, kita dibohongin. Sebab, kita ini hanya baca lewat medsos Pak dan keterangan resmi dari Mabes, kita tanggapi ternyata salah," ujar Benny.

Ia menilai Listyo Sigit tidak cukup kuat untuk menuntaskan kasus yang diduga melibatkan banyak jenderal dalam kasus Irjen Ferdy Sambo, termasuk kabar ada kerajaan Sambo di internal Polri.

"Apabila ada kerajaan Sambo, saya yakin Sambo tidak bekerja sendiri. Mohon juga jenderal-jenderal yang terlibat itu diproses," ujar Benny.

"Itulah tadi yang saya minta kalau memang semua jenderal terlibat, dampak Kapolri tidak cukup kuat untuk mengatasi masalah ini. Apa salahanya Pak Kapolri dinonaktifkan untuk sementara waktu supaya ada penyelesaian tuntas masalah ini di Mabes Polri," kata Benny.

Benny meminta agar kasus Sambo bisa dituntaskan agar menghadirkan keadilan bagi para korban. "Selain itu, penyelesaian kasus Sambo juga akan memperbaiki citra Polri yang selama ini kurang bagus di tengah masyarakat," katanya. (rizal)

 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT