ADVERTISEMENT

Hasi Survei SMRC, Ganjar Pranowo Teratas, Cak Imin di Posisi 7 Besar Capres

Senin, 22 Agustus 2022 11:06 WIB

Share
Ilustrasi Pemilu. (Foto: Ist)
Ilustrasi Pemilu. (Foto: Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Berdasarkan hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin berada di posisi 7 besar dengan tingkat elektabilitas 2,0 persen. 

Posisi Cak Imin mengungguli sejumlah nama populer lainnya seperti Khofifah Indarparawansa (1,6 persen), Sandiaga Uno (1,4 persen), Erick Thohir (1,3 persen), Puan Maharani (1,0 persen), Airlangga Hartarto (0,5 persen), termasuk Mahfud MD (0,5 persen). 

Survei SMRC dengan tajuk 'Kecenderungan Elektabilitas Calon Presiden' tersebut disiarkan melalui kanal YouTube SMRC TV pada Minggu 21 Agustus 2022.

Dalam survei tersebut dilakukan pertanyaan semi terbuka dengan simulasi sebanyak 43 nama calon presiden (capres). 

Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB, Jazilul Fawaid menanggapi positif hasil survei yang dilakukan SMRC. Pihaknya terus melakukan berbagai kegiatan untuk mengenalkan nama Gus Muhaimin sebagai capres yang bakal diusung PKB sesuai hasil Muktamar Bali 2019 lalu. 

"Semua hasil survei kita jadikan sebagai bahan masukan dan evaluasi dalam kerja-kerja politik PKB," ujar Gus Jazil–sapaan akrab Jazilul Fawaid menanggapi hasil survei SMRC, Senin 22 Agustus 2022.

Menurutnya, masih ada waktu yang cukup untuk meningkatkan popularitas maupun elektabilitas Gus Muhaimin. ”Kalau melihat hasil survei SMRC ini, ada tren yang cukup bagus karena Gus Muhaimin sudah mengungguli sejumlah nama lain, termasuk nama Bu Khofifah, Pak Mahfud, maupun Pak Erick Thohir,” katanya. 

Gus Jazil menyebut nama-nama seperti Ganjar Prabowo, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil, meskipun berdasarkan hasil survei memiliki elektabilitas tinggi namun belum cukup dominan karena masih di bawah 30 persen, ada PR besar yang harus dituntaskan yaitu soal ticketing ini. 

Dikatakan Gus Jazil, sebagai tokoh yang sudah mendeklarasikan diri bakal maju sebagai capres, Gus Muhaimin sudah memiliki 10 persen tiket untuk ikut dalam kontestasi Pilpres 2024.

”Jadi Gus Muhaimin tinggal mencari 10 persen lagi untuk bisa maju dalam Pilpres 2024. Kami sudah menyepakati koalisi dengan Partai Gerindra. Artinya secara ticketing Gus Muhaimin insyaallah sudah aman karena sudah melebihi 20 persen. Dengan Gerindra tinggal dibicarakan saja siapa capres siapa cawapres. Tapi tiket aman,” tuturnya. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rizal Siregar
Editor: Cahyono
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT