ADVERTISEMENT

Jelang 1 Abad PBNU, Yenny Wahid Gelar 'Gerakan Perempuan NU '

Minggu, 21 Agustus 2022 22:29 WIB

Share
Yenny Wahid dan PBNU. (ist)
Yenny Wahid dan PBNU. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tak lama lagi akan berusia 1 abad pada Februari 2023 mendatang.

PBNU akan memberi perhatian khusus terkait 'Gerakan Perempuan NU' sebagai salah satu cara untuk memaknai eksistensi Nadhatul Ulama (NU) satu abad mendatang.

Sebagaimana amanat yang disampaikan Ketum PBNU, KH. Yahya Cholil Staquf mengatakan bahwa dalam NU diperlukan terobosan melalui 3 tiga kebangkitan secara simultan, meliputi kebangkitan intelektual, kewirausahaan dan teknokratis.

Untuk itu PBNU menggelar Workshop NU Women sebagai rangkaian peringatan Harlah Satu Abad NU (1443-1444 H), yang diselenggarakan pada tanggal 20-21 Agustus 2022 di Jakarta.

Yenny Wahid selaku Ketua Panitia Pelaksana Peringatan Satu Abad NU, menjelaskan bahwa Workshop NU Women ini bertujuan untuk merumuskan kerangka konsep Blueprint Gerakan Perempuan NU Satu Abad, yang akan menjadi acuan dalam melakukan sejumlah kajian tematis, secara mendalam untuk membuat blueprint dan roadmap 'Gerakan Perempuan NU Satu Abad Mendatang'.

Blueprint ini akan menjadi buku induk dalam perencanaan program strategis jangka pendek, menengah dan panjang.

Kemudian diimplementasikan bagi gerakan perempuan NU secara struktural, maupun kultural dalam mendukung kebijakan PBNU secara berkesinambungan selama satu abad ke depan.

"Hal ini untuk memperkuat gerakan perempuan NU secara masif, terstruktur dan sistemik, NU perlu memiliki blueprint, yang berisi garis besar konsep yang komprehensif dan holistik yang bisa menjadi acuan bersama bagi gerakan perempuan NU satu abad mendatang baik secara struktural maupun kultural," jelas Yenny Wahid.

Yenny Wahid juga menegaskan bahwa NU Women bukanlah sebuah badan otonom (banom), tapi menjadi sebuah hub, atau  sekretariat bersama dimana stakeholdernya adalah semua Banom NU.

Adapun tujuan NU Women, pertama, melakukan enhancement dimana pelakunya adalah banom yang dipilih sesuai dengan kesepakatan.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT