Korupsi Dana Covid 19 Rp 2,6 Miliar, Mulai Masker Sampai Baju Hazmat, 20 Saksi Didengar Keterangannyya

Rabu, 10 Agustus 2022 19:32 WIB

Share
Sejumlah saksi usai menjalani pemeriksaan di Kantor Kejari Serang dalam kasus bantuan dana Covid. (haryono)
Sejumlah saksi usai menjalani pemeriksaan di Kantor Kejari Serang dalam kasus bantuan dana Covid. (haryono)


SERANG, POSKOTA.CO.ID

Sebanyak 20 saksi diperiksa penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Serang dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi bantuan dana Covid 19 dari dana bantuan belanja tak terduga (BTT) tahun 2020 Pemerintah Provinsi Banten, senilai Rp 2,6 miliar yang menjerat Mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Serang, R Setiawan.

Kasi Intel Kejari Serang Rezkinil Jusar mengatakan hingga hari ini penyidik Pidana Khusus (Pidsus) telah memeriksa sekitar 20 orang saksi, mulai dari Dinas, hingga pelaksana dalam Pelatihan menjahit baju hazmat dan masker untuk masyarakat.

"Hingga hari ini sekitar 20 orang lebih saksi diperiksa. Itu ada pelaksana hingga dinas," katanya kepada wartawan, Rabu (10/8/2022).

Rezkinil menambahkan untuk kerugian keuangan negara, penyidik masih menunggu hasil perhitungan kerugian keuangan negara dari Inspektorat.

"Menunggu dari Inspektorat. Kerugian Negara masih menunggu hasil perhitungan ahli," tambahnya.

Lebih lanjut, Rezkinil mengungkapkan sejauh ini penyidik baru menetapkan dua orang tersangka. Namun tidak menutup kemungkinan ada tersangka baru, jika ditemukan adanya keterlibatan pelaku lainnya. "Iya masih dua," ungkapnya.

Sebelumnya,  Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Serang Freddy D Simandjuntak mengatakan kedua tersangka yaitu Mantan Kepala Disnakertrans R Setiawan, dan Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas pada Disnakertrans Pemkab Serang Sutarta diduga telah melakukan penyalahgunaan penggunaan dan BTT, tidak sesuai dengan peruntukannya.

"Tersangka telah menyalahgunakan dalam hal pelatihan dari BTT yang seharusnya dia laksanakan tapi tidak dilaksanakan, malah menggunakan anggaran untuk pengadaan barang. Terjadi di tahun 2020 sekitar November," katanya.

Freddy menambahkan dana tersebut seharusnya digunakan untuk pelatihan pembuatan baju hazmat, dan masker bagi masyarakat. Namun justru digunakan hanya untuk pembuatan bukan pelatihan.

Halaman
Reporter: Rahmat Haryono
Editor: Tatang Suherman
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar